Kompas.com - 25/09/2021, 12:30 WIB
Ilustrasi investasi, investasi adalah, pengertian investasi, arti investasi, contoh investasi Dok. SHUTTERSTOCK/LOOKERSTUDIOIlustrasi investasi, investasi adalah, pengertian investasi, arti investasi, contoh investasi

KOMPAS.com - Dalam dunia investasi, selain profil risiko, harus paham juga dengan jangka waktu investasi. Lama atau sebentarnya kegiatan penanaman modal yang memengaruhi hasil atau keuntungan.

Semakin lama uang diinvestasikan, maka keuntungan yang diperoleh akan semakin besar. Tak heran bila investor sejati lebih senang investasi jangka panjang.

Contoh suksesnya adalah Lo Kheng Hong. Warren Buffett-nya Indonesia ini pernah berkisah mendulang cuan 5.900 persen dari saham PT United Tractor Tbk (UNTR).

Baca juga: Ini Cara Melaporkan Investasi Bodong Secara Online

Saham anak usaha PT Astra International Tbk itu, ia beli pada tahun 1998 ketika harganya Rp 250 per lembar. Kemudian ia simpan dan dibiarkan ‘tidur’ selama enam tahun. Lalu menjualnya di harga Rp 15.000 per lembar.

Jenis Investasi Berdasarkan Waktunya

Jangka waktu investasi dibedakan menjadi tiga jenis, yakni investasi jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Berikut penjelasannya, seperti dikutip dari Cermati.com.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Investasi jangka pendek

Seperti namanya, investasi ini dilakukan dalam jangka waktu singkat, kurang dari satu tahun. Biasanya tujuan investasi jangka pendek, di antaranya menikah, liburan, maupun dana darurat.

Untuk investasi jangka pendek, sebaiknya taruh uang di instrumen yang lebih rendah risikonya, seperti deposito, reksadana pasar uang, Obligasi Negara Ritel (ORI), Savings Bond Ritel (SBR), dan peer to peer lending.

Tetapi yang perlu diingat, investasi di instrumen minim risiko sebanding dengan tingkat risikonya yang kecil. Contohnya rata-rata keuntungan reksadana pasar uang sekitar empat sampai enam persen per tahun.

Sementara deposito menawarkan tingkat bunga berkisar dua sampai enam persen per tahun, tergantung tenor dan nilai simpanan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.