Kompas.com - 26/09/2021, 06:45 WIB
Santri Pesantren Lirboyo Kediri, Jawa Timur membuat roti. Roti ini bagian dari unit usaha pondok yang bertujuan untuk pengembangan jiwa wirausaha santri sekaligus untuk menambah pemasukan bagi pesantren. wirausaha adalah, kewirausahaan adalah, apa itu wirausaha KOMPAS.com/M.AGUS FAUZUL HAKIMSantri Pesantren Lirboyo Kediri, Jawa Timur membuat roti. Roti ini bagian dari unit usaha pondok yang bertujuan untuk pengembangan jiwa wirausaha santri sekaligus untuk menambah pemasukan bagi pesantren. wirausaha adalah, kewirausahaan adalah, apa itu wirausaha

KOMPAS.com - Salah satu tujuan kewirausahaan yaitu guna meningkatkat nilai barang atau jasa yang dijual. Menjadi wirausaha memang menjadi tujuan banyak orang.

Masih banyak orang beranggapan menjadi wirausahawan adalah cara terbaik untuk mendapatkan uang lebih banyak daripada nominal gaji kerja sebagai pegawai biasa.

Namun sebenarnya menjadi wirausaha, dibutuhkan keberanian dan kemampuan untuk membuat sesuatu yang berbeda dari lainnya. Salah satu tujuan kewirausahaan adalah inovasi.

Inovator sendiri tak berarti harus menemukan sesuatu yang baru. Melainkan bisa diartikan sebagai seseorang yang bisa memecahkan masalah, dalam hal ini masalah terkait bisnis.

Baca juga: Kewirausahaan adalah: Pengertian, Tujuan, dan Ciri-cirinya

Tujuan Kewirausahaan

Dikutip dari Gramedia.com, dalam memainkan usaha, ketika seorang wirausahawan membuat perencanaan, pasti memiliki tujuan. Besar ataupun kecil, kegiatan kewirausahaan adalah berdampak pada kehidupan.

Tujuan kewirausahaan adalah sebagai berikut:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Mendukung Munculnya Usaha-usaha Kecil

Suatu kegiatan kewirausahaan yang muncul, pasti melibatkan banyak orang untuk mendukung berjalannya suatu usaha. Keterlibatan sumber daya manusia ini, boleh diakui secara langsung atau tidak, akan membentuk karakter-karakter baru sebagai pelaku usaha.

Di masa pandemi ini, banyak sektor ekonomi berhenti, akibatnya banyak sumber daya manusia kehilangan sumber pendapatan.

Baca juga: Pengertian Kewirausahaan Beserta Ciri-cirinya

Saat ini, yang dibutuhkan adalah sebuah kegiatan kewirausahaan yang berpihak pada ekonomi kerakyatan. Jika kegiatan ekonomi kerakyatan ini didukung penuh, maka lapangan pekerjaan baru akan terbuka, dan perekonomian masyarakat juga terbantu.

2. Kesejahteraan Masyarakat Terangkat

Salah satu tujuan kewirausahaan adalah kesejahteraan. Lesunya perekonomian akibat pandemi, berakibat pada meningkatnya angka kemiskinan dalam masyarakat. Namun masih adanya beberapa kegiatan ekonomi yang berjalan, diharapkan mampu memberikan sokongan bagi perekonomian nasional.

3. Menumbuhkan Semangat Berinovasi

Salah satu tujuan kewirausahaan yaitu semangat inovasi. Ketika seseorang dalam kondisi suatu tekanan tertentu, kadangkala akan memicu semangat berpikir yang berbeda dengan sebelumnya. Tidak jarang, inovasi-inovasi baru akan muncul dari kondisi yang semacam ini.

Maka, jika dimaknai dengang sikap yang positif, pandemi ini juga memiliki peran, membentuk pribadi seseorang untuk maju.

Baca juga: Apa Itu Kompensasi? 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.