MNC Gunakan Layanan Amazon Web Services untuk MotionBanking, Apa Kelebihannya?

Kompas.com - 27/09/2021, 12:42 WIB
Ilustrasi logo Amazon. Inquirer.comIlustrasi logo Amazon.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT MNC Investama Tbk (BHIT) menjalin kerja sama dengan Amazon Web Services (AWS) dalam rangka mengakselerasi pertumbuhan layanan bank digital milik PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP), MotionBanking.

CTO MotionBanking Parman Suparman mengatakan, pihaknya akan menggunakan kapabilitas unit penyimpanan digital atau cloud AWS, termasuk infrastruktur AWS Asia Pacific (Jakarta) Region yang segera hadir, untuk menjalankan core banking secara aman di cloud.

Baca juga: MNC Vision Suntik Dana Rp 570 Miliar ke Migo Indonesia

"Misalnya, BABP berencana membangun gudang data cloud memanfaatkan layanan analitik data AWS untuk menganalisis ratusan juta titik data konsumen secara bersamaan," kata Parman dalam keterangannya, Senin (27/9/2021).

Menurut Parman, analisis tersebut akan memberikan informasi mengenai nasabah BABP, seperti pola dan tren perilaku, yang memungkinkan MotionBanking untuk menyediakan layanan dan produk keuangan yang disesuaikan, serta meningkatkan keterlibatan dan pengalaman perbankan digital.

"Dengan bantuan kapabilitas lanjutan yang ditawarkan AWS, termasuk analitik dan machine learning, kami berharap bisa memahami konsumen kami, memprediksi tren dan preferensi masa depan, dan menyelesaikan berbagai tantangan keuangan," tutur dia.

Sementara itu, Country Manager Indonesia AWS Gunawan Susanto menyebutkan, pihaknya telah menyediakan layanan cloud untuk berbagai pelaku usaha nasonal dalam rangka mengakselerasi transformasi digital.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Terima PP KEK, Bos MNC Targetkan Proyek Lido World Garden Rampung 2022

"MNC Group memanfaatkan portfolio layanan cloud AWS untuk mengubah bisnis media dan layanan keuangan, menjawab perilaku dan ekspektasi pelanggan yang berubah-ubah dengan cepat," ucap Gunawan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.