Gairahkan Pariwisata, Pemerintah Masih Andalkan Wisatawan Domestik

Kompas.com - 27/09/2021, 13:25 WIB
Ilustrasi pariwisata Indonesia Dokumentasi Biro Komunikasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi KreatifIlustrasi pariwisata Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pemerintah telah berupaya untuk meningkatkan kembali gairah pariwisata di Indonesia yang terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Namun hingga kini, pemerintah masih mengandalkan wisatawan domestik atau lokal lantaran masih adanya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

"Tahun ini, kita gongkan semangat bangga berwisata di Indonesia saja. Strategi ini perlu diperkuat, diawali dengan menyasar pasar-pasar domestik karena dari pasar inilah pemulihan pariwisata nasional akan dimulai," katanya secara virtual, Senin (27/9/2021).

Selain itu, Luhut juga emngatakan bahwa pemerintah gencar membentuk medical tourism di tempat-tempat wisata. Hal ini dinilai penting di tengah pandemi Covid-19.

Baca juga: Targetkan Ekonomi Tumbuh 4,5 Persen, Pemerintah Gelontorkan Insentif Sektor Pariwisata

Sebelumnya, Luhut mengatakan, pemerintah akan melakukan uji coba pembukaan 20 tempat wisata di wilayah PPKM level 3 di Jawa dan Bali.

"Akan dilakukan uji coba pembukaan 20 tempat wisata di kota dengan level 3, dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan implementasi platform PeduliLindungi,” kata Luhut dalam konnferensi pers, Senin (6/9/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Luhut juga mengatakan, daerah di wilayah PPKM Level 2 akan diiwajibkan untuk menggunakan apilkasi PeduliLindungi. Khususnya, di wilayah yang sudah diizinkan membuka tempat wisata.

"Serta kabupaten atau kota dengan level 2 juga akan diwajibkan untuk menggunakan PeduliLindungi pada tempat-tempat wisata yang sudah diperbolehkan buka," ucap dia.

Baca juga: Sandiaga Uno Bicara soal Rencana Pembukaan Pariwisata Bali

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.