6 Perempuan Muda Ini Bakal "Ambil Alih" Jabatan Erick Thohir

Kompas.com - 27/09/2021, 14:33 WIB
Enam perempuan muda yang terpilih mengikuti program #GirlsTakeOver 2021 untuk menjadi Menteri BUMN dan petinggi perusahaan BUMN selama satu hari. KOMPAS.com/Yohana Artha UlyEnam perempuan muda yang terpilih mengikuti program #GirlsTakeOver 2021 untuk menjadi Menteri BUMN dan petinggi perusahaan BUMN selama satu hari.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir bakal "menyerahkan" jabatannya untuk diambil alih selama satu hari oleh perempuan muda.

Hal ini merupakan bagian dari program kampanye #GirlsTakeOver 2021.

Kampanye #GirlsTakeOver tahun ini diselenggarakan atas kerja sama Kementerian BUMN dan Plan Indonesia untuk mendukung terciptanya kesetaraan gender dalam dunia kerja, khususnya di lingkungan BUMN.

Baca juga: Survei: Seimbangkan Karier dan Keluarga, Kesehatan Mental Pekerja Perempuan Memburuk Selama Pandemi

Sebanyak enam perempuan muda terpilih mengikuti program ini, setelah berhasil melewati seleksi dan serangkaian tes dari total 7.023 pendaftar, sejak akhir Agustus hingga pertengahan September 2021.

"Ini proses seleksinya saya yakini sudah sangat baik hingga terpilih 6, nanti dalam 1-2 hari ini kami akan tentukan siapa yang menggantikan saya," ujar Erick dalam konferensi pers Girls Take Over yang digelar di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (27/9/2021).

Keenam perempuan tersebut yakni Adinda (20) dari Jawa Tengah, Arum (23) dari Sulawesi Selatan, Putri (21) dari Jawa Barat, Sharon (24) dari Jawa Barat, Sisilia (22) dari Nusa Tenggara Timur, dan Virdha (23) dari Jawa Tengah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Erick mengatakan, sebelum memilih penggantinya, ia memastikan akan ada beberapa pertemuan kasual yang akan dipimpin oleh keenam perempuan tersebut.

Selain itu, dirinya akan memberikan tips-tips agar peserta tak merasa tertekan saat menjadi pemimpin di lingkungan BUMN.

Baca juga: Pendiri Canva Jadi Perempuan di Bawah 40 Tahun Terkaya di Australia

"Kita juga akan lakukan beberapa paparan dan turun ke bawah melihat beberapa program yang sudah berjalan di Kementerian BUMN, siapa tahu ada masukan untuk perbaikan," kata dia.

Selain akan mengambil alih posisi Menteri BUMN, para perempuan muda itu berkesempatan untuk mengisi posisi direktur utama di lima BUMN yaitu Angkasa Pura I, Bank Rakyat Indonesia (BRI), Kimia Farma, Bank Mandiri, dan Telkomsel.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.