Menko Airlangga Sebut Ada Perbaikan Level PPKM di Luar Jawa Bali, Ini Wilayahnya

Kompas.com - 27/09/2021, 19:45 WIB
Ketua KPCPEN Airlangga Hartarto menyampaikan keterangan pers usai Rapat Terbatas mengenai Penanganan Pandemi Covid-19, secara virtual, Senin (21/06/2021) Dok SetkabKetua KPCPEN Airlangga Hartarto menyampaikan keterangan pers usai Rapat Terbatas mengenai Penanganan Pandemi Covid-19, secara virtual, Senin (21/06/2021)

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, beberapa daerah yang masuk dalam kategori level 4 sudah mengalami penurunan level.

Kendati demikian, PPKM level 4 di 10 kabupaten/kota di luar Provinsi Jawa-Bali tetap diberlakukan selama seminggu ke depan hingga tanggal 4 Oktober 2021.

"(Wilayah) yang diberlakukan (PPKM) level 4 di luar Jawa-Bali, ini akan diberlakukan sampai minggu depan," kata Airlangga dalam konferensi pers Hasil Rapat Terbatas terkait PPKM, Senin (27/9/2021).

Baca juga: Mobilitas Masyarakat Selama PPKM Mulai Tinggi, Luhut Ingatkan Tetap Waspada

Adapun per 21 September 2021, pemerintah memberlakukan PPKM Level 4 di Aceh Tamiang, Kabupaten Pidie, Bangka, Kota Padang, Banjarbaru, Balikpapan, Kutai Kartanegara, Tarakan, Bulungan, dan Banjarmasin.

Beberapa dari kota-kota tersebut mengalami perbaikan kasus Covid-19 yang mempengaruhi penurunan level asesmen. Seperti Aceh Tamiang, menurun dari asesmen level 4 menjadi level 3.

Begitu juga dengan Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh, yang mengalami perbaikan dari level 4 menuju level 3.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Pidie ada perbaikan level 4 ke 3 walau kita berlakukan level 4. Sumatera Barat level 3, Banjarbaru level 3, Banjarmasin turun ke level 2. Balikpapan juga Kutai Kartanegara turun ke level 2, demikian Tarakan dan Bulungan. Walaupun (kami) tetap memberlakukan PPKM di level 4," ucap Airlangga.

Secara keseluruhan, hampir seluruh provinsi di luar Jawa-Bali mengalami perbaikan level asesmen dari level 4 per tanggal 26 September. Sebelumnya pada 13 Agustus 2021, masih ada 11 provinsi di level asesmen 4.

Baca juga: Meski Ada PPKM, BI Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III-2021 Capai 5 Persen

Saat ini, Bangka Belitung, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Aceh, dan Papua berada pada level asesmen 2. Sementara Lampung berada pada level asesmen 1.

Perbaikan di tiap provinsi juga menurunkan level asesmen di tingkat kabupaten/kota. Per tanggal 26 September lalu, hanya 1 kabupaten/kota yang masih dalam level 4 dari sebelumnya 132 kabupaten/kota pada tanggal 8 Agustus.

"Dan level 3 per 8 Agustus ada 215 kabupaten/kota, per 26 September ada 76 kabupaten/kota. Kemudian level 2 dari 39 kabupaten/kota sudah naik di 26 September ada 275 kabupaten/kota. Di level I ada 34 kabupaten/kota," pungkas Airlangga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.