Pemerintah Kebut Vaksinasi di Kota-kota yang Jadi Tuan Rumah PON XX

Kompas.com - 27/09/2021, 20:00 WIB
Ilustrasi vaksinasi Covid-19. PICTURE ALLIANCE/ROBBIN UTRECHT via DW INDONESIAIlustrasi vaksinasi Covid-19.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah tengah mempercepat akselerasi vaksinasi Covid-19 di 5 kabupaten/kota Provinsi Papua yang akan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XX.

Lima kabupaten/kota tersebut, yakni Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, Mimika, Merauke, dan Kabupaten Keerom.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, percepatan vaksinasi yang terus dilakukan membuat persentase warga penerima vaksin di wilayah tersebut membaik.

Baca juga: Gandeng Polri, KSPSI Lakukan Vaksinasi Covid-19 untuk 40.000 Buruh

"Terkait penyelenggara kegiatan olahraga untuk PON ke depan, (tingkat vaksinasi) sudah ada perbaikan," kata Airlangga dalam konferensi pers Hasil Rapat Terbatas terkait PPKM, Senin (27/9/2021).

Airlangga merinci, total vaksinasi Covid-19 dosis pertama di Jayapura mencapai 57 persen

Sementara di Keerom mencapai 53 persen, Merauke 67 persen, Mimika 60,4 persen, dan Jayapura 64,1 persen. Wilayah-wilayah yang belum mencapai target vaksinasi akan terus dipercepat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ini terus akan didorong sehingga seluruhnya di atas 60 persen sesuai arahan Pak Presiden," tutur Airlangga.

Sebelumnya, pemerintah sudah mengatur beberapa persyaratan utama bagi penonton langsung Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua seiring diperbolehkannya menghelat pertandingan dengan penonton.

Baca juga: PCare BPJS Kesehatan: Cara Daftar dan Fitur Vaksinasi Covid-19

Penonton yang akan menonton pertandingan nasional itu harus sudah menerima vaksin dosis lengkap. Kapasitas pengunjung pun dibatasi hanya 25 persen dari total kapasitas. Kemudian platform PeduliLindungi bakal terintegrasi dengan platform sejenis secara global.

Aturan tersebut kata Airlangga, sudah menjadi arahan Presiden RI Joko Widodo dalam Rapat Terbatas.

"Syarat sudah vaksinasi 2 kali vaksin, baik vaksin dosis 1 dan dosis 2," kata Airlangga dalam konferensi pers Perpanjangan PPKM, Senin (20/9/2021).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.