Kompas.com - 27/09/2021, 20:47 WIB
Seorang pria membawa kontainer ke sebuah pompa bensin di Bracknell, Inggris, Sabtu 25 September 2021. PA/STAVE PARSONS via APSeorang pria membawa kontainer ke sebuah pompa bensin di Bracknell, Inggris, Sabtu 25 September 2021.
Penulis Mutia Fauzia
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Inggris tengah mengalami kelangkaan sopir truk yang berimbas pada krisis BBM di negara tersebut.

Dilansir dari CNBC, Asosiasi Pengecer BBM (PRA) Inggris menyebut, sebagian besar anggota asosiasi menyatakan sebanyak 90 persen SPBU mereka kosong.

Direktur Eksekutif PRA Gordon Balmer mengatakan, upaya pemerintah untuk menyediakan visa gratis sementara bisa membantu mengatasi permasalahan pasokan BBM di Inggris. Namun hal itu tak bakal membantu dalam jangka panjang.

Ia mengatakan, pemerintah harus mulai mempertimbangkan untuk melibatkan tentara dalam mengatasi kelangkaan sopir truk di Inggris.

"Banyak orang memang telah mengisi BBM mereka di akhir pekan, di antara mereka banyak yang hanya mengisi BBM sekali dalam sebulan. Hal itu bisa memberi kita waktu untuk mengembalikan pasokan dalam beberapa hari ke depan," ujar dia seperti dilansir dari CNBC, Senin (27/9/2021).

Baca juga: Inggris Catat Inflasi 3,2 Persen di Agustus, Tertinggi dalam 24 Tahun Terakhir

Untuk mengatasi kelangkaan BBM di Inggris, pemerintah pun telah melakukan beberapa kebijakan darurat untuk menjaga pasokan di negara itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk diketahui, pada akhir pekan kemarin, SPBU di Inggris mengalami antrian panjang seiring dengan pemberitaan di media mengenai kemungkinan terjadinya kelangkaan.

Kelangkaan sopir truk di Inggris telah menyebabkan proses distribusi BBM dan kebutuhan lain menjadi tersendat di negara itu.

Menteri Bisnis Inggris Kwasi Kwarteng mengatakan, pemerintah telah membebaskan industri BBM setempat dari undang-undang persaingan usaha.

"Hal ini akan memungkinkan perusahaan untuk berbagia informasi dan memprioritaskan pengiriman bahan bakar ke daerah yang paling membutuhkan," ujar dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.