Apakah Bali Siap Dibuka untuk Wisman? Ini Kata Sandiaga Uno

Kompas.com - 28/09/2021, 09:40 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat mengunjungi Desa Wisata Carangsari di Kabupaten Badung, Bali, pada Sabtu (25/9/2021). Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi KreatifMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat mengunjungi Desa Wisata Carangsari di Kabupaten Badung, Bali, pada Sabtu (25/9/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengungkapkan, hingga saat ini persiapan pelaksanaan uji coba pembukaan Bali bagi wisatawan mancanegara terus dilakukan bersama pihak-pihak terkait.

Dalam Weekly Press Briefing yang digelar Senin (27/9/2021), Sandiaga mengungkapkan Bali semakin menunjukkan progres kesiapan. Penanganan Covid-19 di Bali juga menunjukkan tren yang positif.

“Bali semakin menunjukkan progres kesiapan. Hasil pantauan langsung di berbagai lokasi akan dijadikan pertimbangan untuk pengambilan keputusan terkait pembukaan Bali, hasilnya nanti akan jadi bahan pertimbangan bagi pimpinan dalam mengambil keputusan," kata Sandiaga.

Baca juga: Tak Ada Lagi PPKM Level 4, Simak Aturan Lengkap Naik Pesawat Jawa-Bali

Uji coba pembukaan kembali Bali bagi wisatawan mancanegara akan dilakukan dalam konsep yang bertahap, bertingkat, dan berkelanjutan. Sandiaga bilang ini juga merupakan implementasi dalam bingkai gas dan rem atau sand box dengan adaptasi kebijakan berbasis data.

Untuk melancarkan uji coba ini, pihaknya juga menetapkan persyaratan ketat bersama dengan seluruh kementerian/lembaga, pemerintah daerah, serta industri. Di antaranya, uji coba akan dilakukan kepada wisatawan yang sudah mendapat vaksin lengkap dari negara-negara yang situasi Covid-19 dalam negerinya kondusif.

“Mereka juga wajib mengikuti pola yang ditetapkan pemerintah seperti testing PCR sebelum dan saat ketibaannya di destinasi. Setelah itu penerapan protokol kesehatan berbasis CHSE secara ketat dan disiplin secara end to end,” ujar dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Uji coba ini juga akan dilengkapi dengan asuransi kesehatan dan kesiapan fasilitas kesehatan dalam menangani wisatawan mancanegara sehingga mereka benar-benar mendapatkan pengalaman dan kesan yang baik.

“Kita minimalisasi potensi yang menimbulkan risiko, terutama dengan adanya varian baru Covid-19," kata Sandiaga.

Di sisi lain, Sandiaga juga terus menjaga komunikasi dengan negara-negara asal wisman juga disiapkan pemerintah, seperti Korea Selatan, negara-negara Asia, Timur Tengah dan juga Eropa seperti Uni Emirat Arab, Jerman, Ukraina, Polandia, dan lainnya.

"Kita sudah ada pembicaraan, dan dalam konsep uji coba nanti yang akan menjadi salah satu opsi dengan charter flights. Namun kami minta mohon bersabar, setelah Kementerian Luar Negeri menetapkan, kami siap dengan pola kunjungan serta paket wisata yang cocok dengan para wisatawan yang datang dari berbagai negara tersebut," jelas dia

Selain Bali, Batam dan Bintan juga dipersiapkan dalam uji coba ini. Menurut Sandiaga, kesiapan destinasi ini perlu benar-benar dipastikan agar nantinya wisatawan merasa aman dan nyaman sehingga pariwisata bangkit dan menggerakkan ekonomi dengan terbukanya kembali lapangan kerja.

Baca juga: Isu Bandara Ngurah Rai Bali Buka Penerbangan Internasional, Ini Kata Kemenhub

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.