Strategi Bank Raya Bersaing di Industri Bank Digital

Kompas.com - 28/09/2021, 10:56 WIB
Ilustrasi Bank Digital ShutterstockIlustrasi Bank Digital

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk yang baru berganti nama menjadi PT Bank Raya Indonesia Tbk telah menyiapkan sejumlah strategi untuk dapat bersaing di industri bank digital yang semakin marak pemainnya.

Direktur Utama Bank Raya Kaspar Situmorang menjelaskan, dalam operasionalnya, pihaknya akan fokus menyasar segmen pekerja lepas atau dikenal juga dengan gig workers.

Pasalnya, segmen tersebut memiliki potensi pertumbuhan yang menjanjikan ke depannya.

Baca juga: Resmi Jadi Bank Digital, BRI Agro Ubah Nama Jadi Bank Raya

Tercatat jumlah gig economy workers meningkat sebesar 27,07 persen secara tahunan (year on year/yoy), sedangkan jumlah karyawan penuh waktu menurun sebesar 8,84 persen yoy.

"Melihat perkembangan yang tengah terjadi dan menyadari shifting behavior ke arah digital yang terus memperkuat Indonesia, gig economy workers akan menjadi pilar penting yang memperkuat dan memajukan perekonomian bangsa," tutur Kaspar, dalam paparan publik, Senin (27/9/2021).

Kaspar menyebutkan, jumlah gig workers diproyeksi bakal terus tumbuh, hingga mencapai 74,81 juta pekerja pada 2025.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bank dengan kode emiten AGRO itu menargetkan dapat mengakuisisi 10 persen dari potensi pertumbuhan tersebut.

"Prinsipnya, kami yang datang ke mereka, sehingga kami bisa mendapatkan market share 10 persen dari nasabah gig economi atau dalam lima tahun ke depan bisa akuisisi 7 juta nasabah baru," ujar dia.

Baca juga: Respons Bos AGRO Soal Kabar Bergabungnya Grab

Selain itu, Bank Raya juga akan menghapus produk pinjaman dengan tenor panjang. Ini dilakukan untuk mengatasi permasalahan overlapping pinjaman dalam portofolio bank.

"Dalam bentuk bisnis kita ke depannya akan berbentuk digital, berorientasi pada frekuensi. Terlihat dari perubahan produk, dimana loan size tidak akan lebih daripada Rp 1 miliar dan tenor tidak akan lebih dari 12 bulan," kata Kaspar.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.