Berapa Jumlah Uang Ideal yang Harus Dimiliki Saat Pensiun? Simak Perhitungannya

Kompas.com - 28/09/2021, 11:07 WIB
Viral, Kakek Pensiunan Polisi Terjaring Razia Saat Jadi Manusia Silver. Agus saat terciduk petugas Satpol PP Semarang KOMPAS.com/tangkapan layar videoViral, Kakek Pensiunan Polisi Terjaring Razia Saat Jadi Manusia Silver. Agus saat terciduk petugas Satpol PP Semarang

JAKARTA, KOMPAS.com – Hari-hari terakhir ini berita mengenai seorang kakek-kakek pensiunan polisi yang menjadi manusia silver menyedot perhatian masyarakat Indonesia. Padahal idealnya, seorang pensiunan harusnya tinggal menikmati hidup tanpa harus memikirkan finansial lagi.

Nah bagaimana supaya kita bisa menikmati masa pensiun dengan tenang?

Memasuki usia pensiun tentunya perlu banyak persiapan, selain uang atau dana yang cukup, Anda juga perlu mulai membatasi pengeluaran-pengeluaran yang tidak penting.

Baca juga: Mengenal Pangkat Golongan PNS, dari CPNS sampai Pensiun

Financial Planner Eko Endarto mengatakan, ketika memasuki masa pensiun tentunya harus bijaksana dalam mengelola kebutuhan dan keinginan. Hal ini penting, agar pengeluaran untuk kebutuhan yang tidak perlu bisa diminimalkan.

“Ketika kita bicara gaya hidup pastinya disesuaikan dengan kemampuan dan kondisi terakhir, maka caranya untuk menjaga dan membatasi adalah dengan mebuat prioritas. Ketika prioritas utama kita sudah selesai, pastinya akan berpengaruh dan membuat gaya hidup kita berkurang,” kata Eko kepada Kompas.com, Senin (27/9/2021).

Eko menjelaskan, ketika seseorang sudah pensiun, maka otomatis pengeluarannya juga menyesuaikan. Hal ini karena ada biaya-biaya yang tidak lagi menjadi rutinitas untuk dikeluarkan, di sisi lain ada biaya-biaya lainnya yang justru jadi bertambah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Katakanlah misalnya, makan–makan di luar, otomatis kita mengurangi karena usia kita sudah tidak memungkinkan untuk bebas makan di luar. Misalkan juga, transportasi, karena tidak tiap hari pergi ke kantor, maka biaya transportasi akan menurun,” jelas dia.

Di sisi lain, ada beberapa biaya yang meningkat seperti misalkan, perawatasn kesehatan, obat-obatan, atau kebutuhan olahraga. Hal – hal tersebut umumnya menjadi prioritas di saat masa pensiun, dimana orang-orang akan mulai menjaga kondisi tubuh dan kesehatannya.

Pensiun dengan tidak adanya tanggungan untuk dibiayai, otomatis biaya hidup akan berkurang, dan tidak mungkin dengan kondisi tersebut, biaya makan sehari-harinya terlalu besar juga,” jelas dia.

Lalu, berapa idealnya dana yang harus dipersiapkan untuk menghadapi masa pensiun ?

Baca juga: Tips agar Keuangan Atlet Tetap Sehat Saat Memasuki Masa Pensiun

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.