Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memasuki Usia 76 Tahun, KAI Perkuat Transformasi Digital

Kompas.com - 28/09/2021, 19:34 WIB
Yohana Artha Uly,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI memasuki usia ke-76 tahun pada 28 September 2021. Sejumlah inovasi pun telah dilakukan oleh perusahaan pelat merah ini untuk meningkatkan layanan, terutama di bidang digital.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, pada peringatan hari ulang tahun ke-76, KAI ingin bergerak lebih cepat dalam melayani masyarakat dengan terus meningkatkan kualitas layanan.

"KAI akan terus melakukan inovasi sebagai bentuk peningkatan kualitas layanan kepada pelanggan. Inovasi itu diantaranya, penyediaan fasilitas wifi gratis di kereta, layanan live cooking di kereta makan, serta layanan first mile and last mile," ungkap dia dalam keterangan tertulis, Selasa (28/9/2021).

Baca juga: Bappenas: 75 Persen Investor Tertarik pada Investasi Industri Hijau

Pada masa pandemi Covid-19, KAI pun melakukan transformasi digital untuk peningkatan pelayanan dan mengembangkan bisnis-bisnis penunjang. Salah satu inovasi di bidang digital yakni melalui program loyalitas railpoint.

Selain itu inovasi melalui sistem pembayaran KAI Access yang kini bisa menggunakan QRIS, LinkAja, dan direct debit serta integrasi aplikasi PeduliLindungi dengan sistem boarding KAI.

“Transformasi digital yang KAI lakukan saat ini merupakan suatu milestone yang sangat penting untuk mencapai visi KAI yaitu menjadi solusi ekosistem terbaik untuk Indonesia,” kata Didiek.

Ia mengatakan, setidaknya ada tiga alasan transformasi digital menjadi hal penting bagi KAI.

Pertama, perubahan tidak dapat dihindari. Bila perusahaan tidak bisa menyesuaikan dengan perubahan dan perkembangan teknologi, maka perusahaan akan kalah dibandingkan dengan perusahaan lain yang dapat menyesuaikan teknologi secara cepat.

Baca juga: Sri Mulyani Sebut Presidensi G20 Ciptakan Peluang Besar bagi Indonesia

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com