Kompas.com - 28/09/2021, 19:52 WIB
Tulisan 'Welcome to Batam' di perbukitan menyambut wisatawan yang datang ke Kota Batam dan sekitarnya. KOMPAS/KRIS RAZIANTO MADATulisan 'Welcome to Batam' di perbukitan menyambut wisatawan yang datang ke Kota Batam dan sekitarnya.
Penulis Yoga Sukmana
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah melaluiMenteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meminta Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam (BP Batam) terus melakukan terobosan.

Hal itu disampaikan oleh Airlangga saat menyampaikan sambutan dalam acara peluncuran Perizinan Online Serta Silaturahmi Bersama Pimpinan BP Batam, secara daring pada Senin (27/9/2021).

"BP Batam diharapkan terus melakukan terobosan-terobosan yang mempermudah proses perizinan guna meningkatkan ekosistem investasi agar kegiatan berusaha di Batam bisa meningkat," ujarnya seperti dikutip dari siaran pers, Jakarta, Selasa (28/9/2021).

"Salah satu contohnya adalah penyempurnaan pelayanan berbasis elektronik Indonesia Batam Online Single Submission atau IBOSS,” sambung Airlangga.

Baca juga: Menhub Minta Fasilitas Tes PCR di Bandara Soekarno-Hatta Ditambah

Saat ini, BP Batam mengelola 67 jenis perizinan berusaha di 8 sektor. Sektor tersebut yaitu sektor transportasi bidang kepelabuhanan, sektor kesehatan, sektor perdagangan, sektor perindustrian, sektor sumber daya air, limbah, dan lingkungan, sektor kehutanan, sektor energi dan sumber daya mineral, serta sektor kelautan dan perikanan.

Airlangga menilai BP Batam perlu segera menyiapkan rencana dan implementasi berbagai kebijakan strategis untuk meningkatkan investasi yang dapat menyediakan lapangan kerja.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, BP Batam juga dinilai perlu segera menyesuaikan rencana dengan Rencana Induk Pengembangan KPBPB Batam, Bintan, dan Karimun yang akan diatur melalui peraturan presiden.

“Kami ucapkan selamat dan sukses atas diselenggarakannya acara launching perizinan online ini. Besar harapan kami kedepannya, BP Batam bisa berkontribusi lebih dalam kegiatan pemanfaatan pelayanan perizinan serta dapat menjalin hubungan baik dengan stakeholder terkait,” kata Menko Airlangga.

Baca juga: Memasuki Usia 76 Tahun, KAI Perkuat Transformasi Digital

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.