OJK Catat Bunga Kredit Modal Kerja Perbankan Turun, Jadi Berapa?

Kompas.com - 30/09/2021, 16:43 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat, perbankan masih melanjutkan penurunan Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK) pada Agustus 2021.

Deputi Komisioner Hubungan Masyarakat dan Logistik OJK Anto Prabowo mengatakan, penyesuaian tersebut dilakukan seiring dengan penurunan komponen harga pokok dana dan biaya overhead masing-masing sebesar 16 bps dan 10 bps.

“Perbankan juga berkontribusi dalam pemulihan ekonomi nasional dengan terus menurunkan suku bunganya,” kata Anto dalam keterangannya, Kamis (30/9/2021).

Baca juga: OJK Bakal Gelar Bulan Inklusi Keuangan 2021

Anto menyebutkan, penurunan SBDK itu telah diteruskan pada penurunan suku bunga kredit ke level yang disebut cukup kompetitif.

Seperti suku bunga kredit modal kerja perbankan yang telah turun di bawah level 9 persen, yakni di level 8,92 persen.

Adapun penyaluran kredit sektor perbankan pada bulan Agustus 2021 tercatat kembali tumbuh sebesar 1,16 persen secara tahunan (year on year/yoy) atau 1,91 persen sejak awal tahun (year to date/ytd).

“Secara sektoral, kredit sektor rumah tangga mencatatkan kenaikan terbesar secara bulanan (month to month/mtm) sebesar Rp 4,8 triliun,” kata Anto.

Pada saat bersamaan, perbankan mencatatkan pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK), yakni sebesar 8,81 persen yoy atau 5,91 persen ytd.

Baca juga: OJK: Pemahaman Masyarakat Terhadap Produk Keuangan Masih Rendah

Pertumbuhan tersebut membuat kondisi likuiditas perbankan berada di level yang akomodatif.

“Rasio alat likuid dengan non-core deposit dan alat likuid denyan DPK per Agustus 2021 terpantau masing-masing pada level 149,72 persen dan 32,67 persen,“ ucap Anto.

Dengan melihat indikator-indikator tersebut, OJK menilai, stabilitas sektor perbankan masih terjaga hingga Agustus 2021.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.