Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Group Djarum Melalui Blibli.com Resmi Akuisisi RANC Senilai Rp 2 Triliun

Kompas.com - 01/10/2021, 14:04 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Grup Djarum melalui PT Global Digital Niaga atau Blibli resmi mengakuisisi saham PT Supra Boga Lestari Tbk. (RANC) atau Ranch Market pada Kamis (30/9/2021) senilai Rp 2,03 triliun.

Adapun tujuan pengambilalihan adalah untuk pengembangan usaha dan perluasan ekosistem perseroan sebagai salah satu perusahaan e-commerce di Indonesia.

Dalam pengumuman di media massa, Jumat (1/10/2021), Direksi Blibli mengatakan, pada 30 September 2021, Global Digital Niaga telah menyelesaikan pengambilalihan 797,8 juta saham RANC atau 51 persen dari jumlah modal yang disetor dan ditempatkan dalam 7 entitas pemegang saham RANC.

Baca juga: BEI Respons Potensi Blibli Lakukan Backdoor Listing di Bursa

Ketujuh entitas tersebut mencakup PT Wijaya Sumber Sejahtera, PT Prima Rasa Inti, PT Gunaprima Karyaperkasa, PT Ekaputri Mandiri, Dr David Kusumodjojo, Suharno Kusumodjojo, dan Harman Siswanto.

“Dengan ini, kami mengumumkan tanggal 30 September 2021, kami PT Global Digital Niaga (GDN) telah menyelesaikan pengambilalihan dalam jumlah keseluruhan sebanyak 797,8 juta saham yang merupakan 51 persen dari jumlah modal yang disetor dan ditempatkan dalam PT Supra Boga Lestari Tbk (RANC),” tulis pengumuman tersebut.

Pengambilalihan saham tersebut mengakibatkan perubahan pengendalian pada RANC (pengambilalihan). Saham-saham tersebut dibeli pada harga Rp 2.550 per saham, sehingga total nilai transaksi pengambilalihan adalah Rp 2,03 triliun.

Sebelum pengambilalihan, GDN tidak memiliki saham RANC, dan setelah pengambilalihan, jumlah saham RANC yang dimiliki GDN adalah sejumlah 797,6 juta yang merupakan 51 persen dari jumlah modal yang disetor dan ditempatkan dalam RANC.

Adapun susunan pengurus GDN mengalami perubahan menjadi:

Dewan Komisaris
Komisaris Utama : Martin Basuki Hartono
Komisaris : Honky Harjo

Direksi
Direktur Utama : Kusumo Martanto
Direktur : Hendry
Direktur : Lisa Widodo
Direktur : Andy Untono
Direktur : Eric Alamsjah Winarta

Baca juga: Blibli Dikabarkan bakal Akuisisi Erajaya, Bagaimana Prospek Bisnisnya?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com