E-COMMERCE

Kampus UMKM Shopee Ekspor Siap Bawa UMKM Indonesia ke Pasar Global

Kompas.com - 01/10/2021, 15:39 WIB
Kampus UMKM Shopee Ekspor Bandung Dok. Shopee IndonesiaKampus UMKM Shopee Ekspor Bandung

KOMPAS.com – Berubahnya kebiasaan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari membuat bisnis online meningkat belakangan ini.

Para pelaku usaha kecil mikro dan menengah (UMKM) yang beralih ke ranah online menjadi salah satu pihak yang diuntungkan. Pasalnya, mereka lebih mudah menjangkau pelanggan tanpa batasan waktu dan lokasi. 

Melihat fenomena tersebut dan mendprong lebih banyak pelaku UMKM bertransformasi digital, Shopee sebagai e-commerce  mewujudkan komitmennya dengan membuka Kampus UMKM Shopee di Semarang serta Kampus UMKM Shopee Ekspor di Solo dan Bandung.

Baca juga: Wujudkan 10.000 Eksportir Asal Surakarta, Shopee dan Gibran Rakabuming Resmikan Kampus UMKM Shopee Ekspor

Dengan hadirnya kampus tersebut, diharapkan dapat menjadi one stop solution bagi UMKM lokal untuk memulai digitalisasi usaha. Selain itu, UMKM juga dapat mengembangkan usaha ke pasar ekspor melalui pelatihan, pendampingan, dan fasilitas penunjang yang tersedia di kampus tersebut.

Dalam Virtual Tour Kampus UMKM Shopee Ekspor, Rabu (29/9/2021), Head of Public Affairs Shopee Indonesia Radynal Nataprawira menjelaskan bahwa Shopee secara serius menyiapkan kedua kampus tersebut untuk membuat UMKM naik kelas.

“Potensi teman-teman UMKM ini perlu ditingkatkan melalui bimbingan dan pendampingan agar mampu beradaptasi dengan perubahan pola konsumsi masyarakat yang kini semakin sering berbelanja secara online,” ujar Radynal dalam rilis yang diterima Kompas.com, Jumat (1/10/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tak hanya itu, lanju Radynal, pihaknya juga mempersiapkan program bagi UMKM untuk ikut mengekspor produknya ke luar negeri lewat Program Ekspor Shopee.

“Kami telah mendesain dengan baik (program Ekspor Shopee) agar UMKM lokal mampu mengekspor semudah mengirimkan produk di dalam negeri,” katanya.

Baca juga: Cerita Inspiratif UMKM Asal Jepara Sukses Ekspor Produk Lokal lewat Program Ekspor Shopee

Lebih lanjut, Radynal mengatakan, ada empat hal yang difokuskan Kampus UMKM Shopee Ekspor untuk UMKM lokal, yaitu bantuan operasional dan pendaftaran, pelatihan dan edukasi, fasilitas penunjang pemasaran, serta ruang pertemuan dan pelatihan.

Kampus UMKM Shopee Ekspor akan memberikan bantuan operasional dan pendaftaran berupa Simulasi Gudang dan Pusat Ekspor. Pada Simulasi Gudang, para pelaku UMKM dapat melihat proses inbound dan outbound untuk memahami proses pengelolaan stok yang baik.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.