Kompas.com - 01/10/2021, 16:13 WIB
Ilustrasi listrik, tagihan listrik, penggunaan listrik ShutterstockIlustrasi listrik, tagihan listrik, penggunaan listrik

JAKARTA, KOMPAS.com - Subsidi listrik PLN kembali diberikan pada Oktober 2021. Masyarakat bisa melakukan cek penerima subsidi listrik PLN untuk Oktober 2021 di laman portal.pln.co.id atau aplikasi PLN Mobile.

Seperti diketahui, diskon atau subsidi listrik PLN akan diberikan secara langsung kepada pelanggan. Cara mendapatkan subsidi listrik yakni, diskon diberikan dengan langsung memotong tagihan rekening listrik pelanggan bagi pelanggan pascabayar.

Sementara untuk pelanggan prabayar, diskon tarif listrik diberikan saat pembelian token listrik. Untuk itu, pelanggan listrik bisa memastikan dirinya sebagai penerima stimulus PLN September 2021 atau tidak.

Baca juga: Harga Batu Bara Melonjak, Pasokan Bahan Bakar ke PLTU PLN Anjlok

Khusus untuk pembebasan biaya beban, abonemen, dan pembebasan ketentuan rekening minimum, pemberian stimulus akan diberikan secara otomatis dengan memotong tagihan rekening listrik konsumen sosial, bisnis dan industri.

Potongan sebesar 50 persen hanya diberikan untuk biaya beban/abonemen dan biaya pemakaian rekening minimum.

Cek penerima subsidi listrik PLN via aplikasi PLN Mobile

Berikut cara untuk mengecek penerima subsidi listrik PLN pada Oktober 2021 melalui aplikasi PLN Mobile:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Buka Aplikasi PLN Mobile
  • Pilih Menu Info Stimulus
  • Masukan ID Pelanggan/Nomor Meter, selanjutnya klik kirim.

Baca juga: Luncurkan E- Meterai Rp 10.000, Sri Mulyani: Ini Sama walau Bentuknya Elektronik...

Cara cek penerima subsidi listrik PLN via website PLN

Berikut cara untuk mengecek penerima subsidi listrik PLN pada Oktober 2021 melalui website PLN:

  • Buka website https://portal.pln.co.id
  • Klik “Diskon Stimulus Covid-19”
  • Masukkan nomor ID Pelanggan PLN dan kode captcha dan klik “Cari”
  • Selanjutnya masukkan nomor KTP, nama lengkap sesuai KTP, alamat lengkap sesuai KTP dan kode captcha, selanjutnya klik “Simpan”.

Jika pelanggan termasuk dalam kategori penerima diskon atau subsidi listrik PLN Oktober 2021, maka akan muncul keterangan besaran diskon yang diberikan. Tapi, bila pelanggan tidak termasuk dalam kategori penerima subsidi atau diskon listrik PLN Oktober 2021, maka akan muncul pemberitahuan bahwa pelanggan tidak mendapatkan diskon. (Virdita Ratriani)

Baca juga: Siap-siap, Pemerintah Bakal Salurkan Subsidi Elpiji 3 Kg Berbasis Orang

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Cara cek penerima subsidi listrik PLN Oktober 2021 di aplikasi dan portal.pln.co.id

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.