Bitcoin Melonjak ke Level Tertinggi dalam Hampir 2 Pekan

Kompas.com - 02/10/2021, 09:20 WIB
Penanda pada jendela mempromosikan mesin ATM Bitcoin ReutersPenanda pada jendela mempromosikan mesin ATM Bitcoin

JAKARTA, KOMPAS.com - Bitcoin melonjak ke level tertinggi sejak sekitar pertengahan September pada perdagangan Jumat (1/10/2021).

Sebagian didukung oleh faktor musiman serta komentar yang mendukung secara keseluruhan dari Ketua Federal Reserve AS Jerome Powell pada Kamis (30/9/2021).

Dalam kesaksian kepada Kongres, Powell mengatakan The Fed tidak berniat melarang mata uang kripto, sebagai tanggapan atas pertanyaan dari anggota parlemen Ted Budd.

Baca juga: Bank Sentral China Larang Transaksi Aset Kripto, Bagaimana Prospek Bitcoin Cs?

Beberapa analis juga mengatakan Oktober biasanya merupakan bulan bullish untuk aset digital, dengan September secara historis merupakan periode bearish untuk sektor ini.

“Pasar aset digital diuntungkan baik dari efek musiman maupun fundamental pasar yang umumnya positif,” kata Ulrik K Lykke, pendiri dana lindung nilai aset kripto ARK36, dikutip dari Antara.

Tren penguatan diperkirakan akan berlanjut dan mencapai angka tertinggi pada kuartal IV.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia juga mengutip komentar Powell pada Kamis (30/9/2021) sebagai salah satu faktor untuk aksi harga positif Bitcoin.

Uang kripto terbesar itu terakhir naik 9,3 persen pada 47.910 dollar AS, setelah mencapai tertinggi 48.236,08 dollar AS.

Baca juga: Ada Larangan, Platform Aset Kripto Dunia Mulai Tutup Pendaftaran Akun Pengguna Asal China

Jika keuntungan dipertahankan, Bitcoin akan berada pada kecepatan untuk membukukan persentase kenaikan harian terbesar sejak pertengahan Juni.

Koin Ether dan XRP yang lebih kecil, yang cenderung bergerak bersama-sama dengan Bitcoin, masing-masing naik 10,1 persen pada 3.301 dollar AS dan 8,5 persen pada 1,0326 dollar AS.

Joseph Edwards, kepala penelitian di Enigma Securities di London, juga mengatakan, lonjakan volume pada bursa derivatif kripto kemungkinan mendorong pergerakan tersebut.

Perdagangan derivatif sering mempengaruhi harga spot di pasar Bitcoin.

Baca juga: China Resmi Larang Transaksi Mata Uang Kripto, Harga Bitcoin Anjlok

Di pasar berjangka, Bitcoin menunjukkan posisi jual bersih -883, terkecil sejak pertengahan Agustus, menurut data dari Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas (CFTC) yang dirilis pada Jumat kemarin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.