PLN Jamin Tak Ada ‘Listrik Byar Pet’ saat Pembukaan PON XX Papua

Kompas.com - 02/10/2021, 11:59 WIB
Dua warga melintas di dekat pernak-pernik PON Papua di kawasan Pasar Lama Timika, Kabupaten Mimika, Papua, Selasa (28/9/2021). Berbagai pernak-pernik PON Papua terpasang di sejumlah titik di Timika untuk memeriahkan pagelaran olah raga nasional empat tahunan tersebut.  ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/tom. 
ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRADua warga melintas di dekat pernak-pernik PON Papua di kawasan Pasar Lama Timika, Kabupaten Mimika, Papua, Selasa (28/9/2021). Berbagai pernak-pernik PON Papua terpasang di sejumlah titik di Timika untuk memeriahkan pagelaran olah raga nasional empat tahunan tersebut. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/tom.


JAKARTA, KOMPAS.com – PT PLN (Persero) menjamin tak ada listrik berkedip alias byar pet saat pembukaan PON XX Papua 2021.

Untuk itu, pada seremonial yang akan berlangsung di Stadion Lukas Enembe, Sabtu (2/10/2021) malam ini, PLN menyiapkan pasokan listrik sebesar 2,2 megawatt (MW).

Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini bersama Komisaris PLN Eko Sulistyo, serta Direktur Bisnis Regional Sulawesi, Maluku, Papua & Nusa Tenggara PLN Syamsul Huda telah meninjau langsung persiapan acara yang akan dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo ini.

Baca juga: Pemerintah Kebut Vaksinasi di Kota-kota yang Jadi Tuan Rumah PON XX

Dalam mendukung gelaran pembukaan ini pula, PLN menyiapkan sistem Zero Down Time Area atau layanan listrik tanpa kedip di area khusus.

Sistem khusus ini sebelumnya sukses diterapkan di Jakarta dan Palembang pada Asian Games 2018, di mana PLN berhasil mengawal kelistrikan tanpa kedip selama acara berlangsung.

Sistem Zero Down Time Area dibangun dengan konfigurasi jaringan sedemikian rupa dan sistem proteksi yang sudah dipersiapkan. Sehingga ketika ada gangguan di satu titik secara otomatis akan back-up oleh sistem.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Genset dan UPS (Uninterruptible Power Supply) akan terus beroperasi di saat ada pertandingan, sehingga ketika ada gangguan listrik akan tetap menyala tanpa kedip karena ada UPS.

Mendukung sistem ini, PLN pun menyiapkan 129 unit mobile genset kapasitas 100 kW, 200 kW hingga 500 kW. Selain itu, 55 unit gardu berjalan (UGB), 45 unit UPS Mobile, 7 unit kabel bergerak (UKB) dan 4 unit kabel dan kubikel bergerak (UKKB) juga disiapkan.

Keandalan listrik merupakan kunci sukses penting PON XX Papua 2021, khususnya di Stadion yang sebelumnya Bernama Stadion Utama Papua Bangkit tersebut.

Zulkifli menyampaikan, sistem kelistrikan dalam PON XX Papua cukup kompleks, karena ada di beberapa kota yang perlu di jaga keandalan listriknya.

Baca juga: PON XX Papua Dimulai Besok, Telkom Optimistis Berikan Layanan Digital Terbaik

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.