Dukung Transformasi Digital, BNI Mulai Gunakan E-Meterai

Kompas.com - 02/10/2021, 12:09 WIB
Tampilan meterai Rp 10.000. Direktorat Jenderal Pajak (DJP)Tampilan meterai Rp 10.000.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk mendukung penggunaan meterai elektronik atau e-meterai, yang telah resmi diluncurkan oleh Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan RI dan PT Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Persero).

Direktur Bisnis UMKM BNI Muhammad Iqbal mengatakan, perseroan telah berkomitmen menggunakan materai elektronik di lingkungan BNI Group untuk mendukung transaksi keuangan digital di Indonesia.

Penerapan e-meterai itu bertujuan untuk memberikan kepastian hukum atas dokumen elektronik serta mengoptimalkan penerimaan negara dengan tarif bea meterai yang berlaku saat ini.

Baca juga: Luncurkan E- Meterai Rp 10.000, Sri Mulyani: Ini Sama walau Bentuknya Elektronik...

“Pengenaan materai elektronik atas dokumen elektronik menjadi salah satu wujud nyata transformasi digital yang juga sedang dilakukan oleh BNI,” ujar Iqbal, dalam keterangannya, Sabtu (2/10/2021).

Sebagaimana diketahui, kedepannya, e-meterai akan diterapkan di berbagai transaksi elektronik masyarakat yang masuk dalam kategori transaksi yang dikenakan bea meterai.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, transaksi di era digital harus disiapkan secara infrastruktur maupun instrumennya, baik dari sisi teknikal hingga aplikasi untuk mewujudkan penggunaan materai elektronik atau e-materai.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kita mulai uji coba ini dengan perbankan, Bank BUMN dan perusahaan telekomunikasi Indonesia,” ujar dia.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan, Indonesia harus masuk ke ekosistem digital agar bisa bersaing dengan negara lain.

Baca juga: Sekarang, Meterai Ada Digitalnya

“Seluruh elemen pemerintah baik itu Kementerian/Lembaga dan BUMN harus saling mendukung dan berkolaborasi untuk mewujudkan transformasi digital,” ucap Erick.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.