Investasi ORI020: Tanggal Penawaran, Tingkat Kupon, dan Mitra Distribusinya

Kompas.com - 03/10/2021, 09:50 WIB
Ilustrasi investasi. SHUTTERSTOCK/SERGEY NIVENSIlustrasi investasi.
Penulis Yoga Sukmana
|

JAKARTA , KOMPAS.com - Minat investasi tetapi modal pas-pasan? jangan khawatir, sebab  Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI020 bisa dibeli mulai Senin, 4 Oktober 2021 hingga 21 Oktober 2021.

ORI020 adalah salah satu instrumen investasi surat utang pemerintah yang bisa dibeli mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 2 miliar.

Dalam keterangan tertulisnya, Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko, Kementerian Keuangan (Kemenkeu), menjelaskan, ORI020 bakal ditawarkan secara daring (online) atau e-SBN.

"(ORI020) Dapat diperdagangkan di pasar sekunder dan hanya antar investor domestik/lokal yang mengacu pada digit ketiga kode Nomor Tunggal Identitas Pemodal (Single Investor Identification/SID)," tulis DJPPR seperti dikutip Kompas.com dari siaran pers, Jakarta, Minggu (3/10/2021).

Baca juga: Uang Bisa Hilang Seketika, Ini Modus Investasi Bodong Berkedok Robot Trading

Tingkat Kupon

ORI020 ditawarkan dengan kupon tetap sebesar 4,95 persen. Artinya, investor yang berinvestasi melalui surat utang pemerintah tersebut bakal mendapatkan imbal hasil sebesar 4,95 persen setiap tahun.

Sementara iu tanggal jatuh tempo ORI020 yaitu 15 Oktober 2024. Pembayaran kupon akan dilakukan tanggal 15 setiap bulan dengan pembayaran kupon pertama kali pada 15 Desember 2021.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Proses pemesanan pembelian ORI020 secara online dilakukan melalui 4 tahap yaitu registrasi/pendaftaran, pemesanan, pembayaran, dan setelmen/konfimasi. Pemesanan pembelian disampaikan melalui sistem elektronik yang disediakan Mitra Distribusi yang memiliki interface dengan sistem e-SBN.

Pemerintah menyampaikan sebelum melakukan pemesanan pembelian, setiap calon investor harus memahami Memorandum Informasi ORI020 yang dirilis pada tanggal 4 Oktober 2021.

Baca juga: Waspada Investasi Bodong, Simak Ciri-ciri Surat Izin OJK Palsu

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.