Kompas.com - 03/10/2021, 11:05 WIB
ilustrasi kondisi keuangan sedang kacau atau mengalami defisit. Shutterstockilustrasi kondisi keuangan sedang kacau atau mengalami defisit.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kredit Tanpa Agunan atau KTA merupakan salah satu alternatif pinjaman online yang ditawarkan bank. KTA menjadi pilihan karena tidak perlu jaminan apapun, seperti barang berharga atau surat penting.

Selain itu, pinjaman KTA lebih cepat cair. Sangat cocok buat kamu yang sedang dalam kondisi kepepet atau mendesak butuh dana segar.

Di balik kemudahan tersebut, sebetulnya pinjaman KTA bisa saja menjebak jika kamu tidak memperhatikan beberapa hal berikut ini, seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Suku bunga tinggi

Pinjaman KTA menawarkan suku bunga bervariasi. Ada yang mulai dari 0,59 persen sampai tiga persen per bulan. Sifatnya flat atau tetap.

Misalnya, pinjam KTA Rp 100 juta dengan tenor 24 bulan. Suku bunga dua persen per bulan atau 24 persen per tahun. Berarti cicilan pokok Rp 4.170.000 + bunga Rp 1.000.000 = Rp 5.170.000 sebagai cicilan KTA setiap bulan.

Baca juga: 6 Cara Diet Keuangan agar Terhindar dari Bokek

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bunga flat, artinya jumlah beban bunga setiap bulan tetap (flat), meski sisa pokok pinjamannya terus menurun setiap bulannya. Perhitungan bunga flat, akan terlihat seolah-olah bunganya kecil, meskipun sebenarnya tidak.
Jadi, dengan bunga yang harus dibayar setiap bulan sebesar Rp 1.000.000, pembayaran bunga sampai jatuh tempo adalah sebesar Rp 24 juta. Jumlah tersebut hampir 25 persennya nilai pinjaman kamu. Besar kan?

Tentunya kondisi ini dapat membebani keuangan kamu. Apalagi kalau pinjaman KTA digunakan untuk sesuatu yang konsumtif. Tidak menghasilkan uang sama sekali, sehingga berpotensi kesulitan membayar angsuran.

2. Biaya tambahan yang harus dibayar

Mengajukan KTA memang mudah. Hanya fotokopi KTP, formulir pengajuan online, dan memiliki kartu kredit. Namun persyaratan yang terakhir, tidak semua bank memberlakukannya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.