Kompas.com - 03/10/2021, 12:00 WIB
Ilustrasi kerja berlebihan ThinkstockphotosIlustrasi kerja berlebihan

JAKARTA, KOMPAS.com - Siapa yang suka kerja keras bagai kuda? Bekerja tidak kenal waktu, bahkan bisa sampai 24 jam non-stop. Manusia atau robot?

Robot saja punya batas kemampuan, butuh rehat, apalagi tubuh manusia. Perlu istirahat untuk mengembalikan energi dan pikiran biar tetap waras.

Bekerja tujuh sampai delapan jam per hari adalah porsi yang ideal dan dianjurkan. Jam kerja seperti ini dapat menjaga produktivitas dalam bekerja.

Kamu tetap bisa menyelesaikan tugas dan tanggung jawab dengan baik tanpa kelelahan, mengantuk, bosan atau jenuh, maupun kehilangan semangat.

Namun faktanya, banyak orang atau dari kamu yang kerja berlebihan. Hati-hati, kerja berlebihan apalagi dilakukan dalam jangka panjang, dapat berakibat buruk. Walaupun itu dikategorikan sebagai lembur.

Berikut 5 efek buruk kerja berlebihan, seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Produktivitas turun

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Maksud hati kerja melebihi jam ideal agar produktivitas semakin naik, tetapi justru sebaliknya. Kinerja maupun kualitas kerja kamu akan menurun, atau malah jadi kacau balau.

Itu karena pikiran dan tenagamu habis untuk mengerjakan sesuatu yang dipaksakan. Sesuatu yang seharusnya dapat kamu lanjutkan esok hari, tetapi dikebut agar cepat selesai.

Memang ini baik, dalam arti kamu tidak ingin menunda pekerjaan terlalu lama. Tetapi pikirkan juga dampaknya. Kerja berlebihan hanya akan membuatmu kelelahan.

Baca juga: 6 Cara Diet Keuangan agar Terhindar dari Bokek

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.