Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meninggal Dunia, Ini Profil Dirut Transjakarta Sardjono Jhony

Kompas.com - 03/10/2021, 13:46 WIB
Muhammad Choirul Anwar

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Transjakarta Sardjono Jhony Tjitrokusumo meninggal dunia pada Minggu (3/10/2021) hari ini.

Sardjono Jhony mengembuskan nafas terakhirnya sekitar pukul 09.51 WIB di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Jakarta.

Pejabat Sementara (Pjs) Direktur Utama PT Transjakarta Welfizon Yuza menegaskan, Sardjono Jhony meninggal dunia bukan lantaran terjangkit virus Covid-19.

Baca juga: Menhub Senang Ada Integrasi Tarif KRL, Transjakarta, MRT dan LRT Jakarta

“Beberapa hari belakangan, bapak sudah mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit. Namun mungkin Allah berhendak lain,” kata Welfizon dalam keterangan resminya, Minggu (3/10/2021).

Rencananya, Sardjono Jhony Tjitrokusumo akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pondok Rangon, Jakarta Timur.

“Kami keluarga besar sangat kehilangan dan berduka atas kabar ini. Mohon doanya teman-teman semua, doakan bapak bisa mendapat tempat terbaik di sisi-Nya,” ujarnya.

Welfizon melanjutkan, meskipun kehilangan pemimpin, Transjakarta memastikan akan terus fokus dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Tidak ada alasan untuk kami tidak memberikan pelayanan terbaik, kita harus tetap melanjutkan perjuangan yang sudah beliau lakukan,” ungkapnya.

Baca juga: TransJakarta: Setahu Kita Jumlahnya Itu Bukan 20 Orang yang Meninggal, tetapi 14 Orang...

“Terima kasih pak Jhony, telah membawa Transjakarta terbang dengan pelayanan terbaik sampai saat ini. Transjakarta bangga pernah memiliki beliau,” tutup Welfizon.

Profil Sardjhono Jhony Tjitrokusumo

Sardjhono Jhony Tjitrokusumo sendiri resmi diangkat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi Direktur Utama PT Transjakarta pada 29 Mei 2020 lalu.

Sebelum bergabung dengan Transjakarta, Jhony merupakan seorang penerbang yang pernah bekerja di beberapa maskapai dunia.

Sardjhono Jhony Tjitrokusumo pernah menjadi Direktur Utama Merpati Nusantara Airlines 2010-2012. Ia juga pendiri dan pemilik perusahaan Leste Aviation di Timor Leste tahun 2013.

Karier Sardjhono Jhony Tjitrokusumo di sektor transportasi tergolong lincah. Ia juga pernah menjadi Direktur Operasional Bandara Internasional Jawa Barat, Chairman West Java Enterprises Partnership.

Baca juga: Jam Layanan Operasional TransJakarta Diperpanjang, Cek Syarat dan Jadwalnya

Jhony juga merupakan pendiri Leste Development And Invesment Company tahun 2016 dan selanjutnya ia menjabat sebagai Direktur Pengembangan Usaha PT Angkasa Pura 1 (Persero) sejak 2017 hingga 2020 yang membawahi portofolio Bisnis Induk Usaha, IT dan Digitalisasi.

Kiprah Sardjhono Jhony di Transjakarta

Sejak dipimpin oleh Jhony, Transjakarta banyak mengalami kemajuan dari berbagai sisi, khususnya dalam sisi transformasi digital.

Transformasi tersebut di antaranya meluncurkan Aplikasi TIJE, Fasilitas Wifi berkecepatan tinggi, tanpa bayar dan tanpa batas kuota, penggunaan QR tiket sebagai akses masuk gate halte hingga penerapan teknologi face recognition sebagai akses masuk karyawan di kantor pusat.

Berikutnya, Sardjhono Jhony juga melakukan revitalisasi dan perbaikan sebanyak 46 halte terdampak demo pada bulan Oktober 2020 dengan pelayanan minimum kurang dari satu pekan.

Baca juga: Simak, Ini Syarat Naik KRL, Transjakarta, dan MRT Selama PPKM Level 4

Ia juga menerapkan skema Bus Driver Maintenance Insurance (BDMI) kepada Agen Pemegang Merek (APM) dan mitra operator.

Selain itu, Transjakarta juga berhasil meraih berbagai penghargaan bergengsi di bawah pimpinan Sardjhono Jhony dan terakhir menghadirkan bus listrik yang bekerjasama dengan PT Higer Maju Indonesia (HMI) di akhir hayatnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com