Sistem Ekonomi Sosialis: Pengertian, Sejarah, dan Ciri-cirinya

Kompas.com - 03/10/2021, 16:02 WIB
Ilustrasi sistem ekonomi KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi sistem ekonomi
Penulis Mutia Fauzia
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Sistem ekonomi sosialis adalah sistem ekonomi yang seluruh kebijakan perekonomian ditentukan oleh pemerintah.

Keterpusatan kebijakan ekonomi oleh pemerintah bisa dikatakan karena sistem ekonomi sosialis adalah sistem ekonomi yang didasarkan pada kepemilikan publik atau bersama atas alat-alat produksi.

Alat-alat produksi tersebut termasuk di dalamnya mesin, perangkat, pabrik, yang digunakan untuk memproduksi barang dan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Pengertian sistem ekonomi sosialis

Sistem ekonomi sosialis juga biasa dikenal dengan sebutan sistem ekonomi komando atau sistem ekonomi terpusat karena segala sesuatu diatur oleh negara dan dikomandoi oleh pusat.

Dilansir dari Investopedia, kepemilikan bersama yang menjadi asas dalam sistem ekonomi sosialis terbentuk dari pemerintahan teknokratis, oligarki, totaliter, demokratis, atau bahkan sukarela.

Baca juga: Pengertian Sistem Ekonomi, Jenis, Kelebihan dan Kekurangannya

Contoh sejarah mengenai penerapan ekonomi sosialis pada sebuah negara yakni Uni Soviet. Sementara, contoh penerapan ekonomi sosialis di era kontemporer misalnya saja di Kuba, Venezuela, atau China.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, dilansir dari The Balance dijelaskan, pengertian sistem ekonomi sosialis adalah sistem ekonomi di mana alat-alat produksi, seperti uang dan bentuk lain dari modal atau kapital dimiliki oleh publik lewat pemerintah.

Di bawah sistem ekonomi sosialis, semua orang bekerja untuk kesejahteraan yang didistribusikan untuk seluruh warga.

Pada dasarnya, kunci dari penerapan sistem ekonomi sosialis yakni apa yang baik bagi satu individu baik oleh semua warga negara, dan berlaku sebaliknya. Semua orang bekerja untuk kebaikan dirinya sendiri dan orang lain.

Pemerintah pun akan mengatur mengenai bagaimana kekayaan didistribusikan di antara institusi publik.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.