Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribbit Capital Resmi Jadi Investor Bank Jago

Kompas.com - 04/10/2021, 10:28 WIB
Rully R. Ramli,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Jago Tbk resmi mengumumkan kehadiran investor baru perusahaan yakni venture capital asal Palo Alto, California, Amerika Serikat, Ribbit Capital.

Ribbit merupakan venture yang fokus melakukan investasi di sektor financial technology (fintech), dengan portofilio meliputi Robinhood, Revolut, Affirm, Nubank, Coinbase, dan Credit Karma.

Managing Partner Ribbit Capital Micky Malka mengatakan, bank dengan kode emiten ARTO itu merupakan salah satu bank digital pertama di Tanah Air, dengan pertumbuhan bisnis yang cepat.

“Bank Jago memiliki komitmen yang sangat kuat untuk melayani nasabah melalui produk perbankan digital dengan teknologi mumpuni yang setara dengan pemain global,” kata dia, dalam keterangannya, Senin (4/10/2021).

Baca juga: Sri Mulyani Ungkap PON XX Papua Habiskan Duit APBN Rp 10,43 Triliun

“Kami senang sekali dapat berpartisipasi dalam perjalanan ini,” tambah dia.

Sementara itu, Direktur Utama Bank Jago Kharim Siregar menyebutkan, kehadiran Ribbit menunjukkan minat yang tinggi dari investor kelas dunia terhadap upaya perusahaan dalam memajukan inklusi keuangan digital di negeri ini.

“Hal ini juga mengkonfirmasi besarnya harapan dan kepercayaan investor global terhadap prospek bank digital di Indonesia. Kami tentu menyambut baik partisipasi dan dukungan Ribbit di Bank Jago,” ujar Kharim.

Lebih lanjut Kharim menjelaskan, 52 persen penduduk dewasa, atau sekitar 95 juta orang tidak memiliki rekening bank, dan lebih dari 47 juta penduduk dewasa tidak memiliki akses memadai pada kredit, investasi dan asuransi.

Sementara di lain pihak, penetrasi smartphone di Indonesia mencapai kisaran 70 persen hingga 80 perrsen. Hal tersebut menandakan tingginya potensi pertumbuhan bank digital dalam rangka menggaet nasabah, sekaligus meningkatkan inklusi nasional.

Untuk memaksimalkan potensi tersebut, Bank Jago telah menciptakan ekosistem digital, melalui kerja sama dengan berbagai platform lending serta wealth management.

Baca juga: Jeff Bezos Dikabarkan Berinvestasi di Startup Indonesia

Setelah terintegrasi dengan Gojek, aplikasi Jago juga telah terintegrasi dengan platform penyedia reksa dana, Bibit, guna memfasilitasi nasabahnya berinvestasi.

Hadirnya Ribbit menambah jajaran pemegang saham ARTO. Sebelumnya, Bank Jago telah mendapatkan kepercayaan dari Gojek yang dilakukan melalui bisnis layanan keuangan dan pembayaran digitalnya dan GIC Private Limited.

“Hal ini merupakan bentuk apresiasi investor terhadap bisnis model Bank Jago sebagai bank digital yang melayani mass market, tertanam dalam ekosistem dan menggunakan teknologi terkini,” ucap Kharim.

Baca juga: Bank Mandiri Luncurkan Kopra, Apa Itu?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com