Kompas.com - 04/10/2021, 12:06 WIB
Ilustrasi saham, pergerakan saham. PIXABAY/STOCKSNAPIlustrasi saham, pergerakan saham.

JAKARTA, KOMPAS.comInvestasi saham kini menjadi salah satu alternatif berinvestasi sebagian dari anak muda. Hal ini terbukti dari kenaikan investor retail selama pandemi Covid-19 sejak tahun 2020.

Namun, apa jadinya jika investasi saham ini tidak diikuti dengan pengetahuan yang mumpuni? Bisa jadi saham yang dibeli nyangkut dan tidak bisa dijual kembali.

Nah supaya tidak kejeblos hingga uang kamu raib, simak tips investasi saham dari analis ini.

Baca juga: Sebelum Mulai Investasi Saham, Kenali Dulu Keuntungan dan Risikonya

Vice President Senior Technical Portfolio Advisor PT Samuel Sekuritas Indonesia Muhammad Alfatih mengatakan, investor pemula perlu memahami mengenai analisis dan tren pergerakan saham. Hal ini penting sebagai bentuk dari strategi nyemplung di pasar modal.

“Jadi jangan impulsif. Lihat running trade, langsung beli, tau-taunya memasuki downtrend. Itu sering terjadi. Atau sudah panik, sudah cut loss padahal pas di harga support. Jadi kita harus punya trading plan. Memang yang trading jangka pendek trading plan-nya harus di kepala,” kata Allfatih siaran pers, dikutip Senin (4/10/2021).

Alfatih menegaskan, menetapkan strategi yang tepat sangat penting bagi investor ketika bertransaksi di pasar modal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di sisi lain, investor pemula juga perlu menyiapkan psikologis-nya ketika mulai masuk ke pasar modal. Maka dari itu, penting berinvestasi yang sesuai dengan tujuan dan profil risiko investor.

“Kelemahan banyak investor adalah masalah psikologi. Untuk mengatasinya, investor ritel harus memiliki rencana di awal,” jelas Alfatih.

Sementara itu Wijen Pontus yang merupakan Elliot Wave Expert dari B Trade Elliottician menyebutkan, investor pemula perlu memahami terkait dengan analisa teknikal sebelum membeli saham.

Ia menekankan, agar investor saham pemula tidak terburu-buru dalam membeli saham, apalagi ikut-ikutan. Karena, tidak ada yang bisa menjamin harga saham tertentu bisa terus naik.

Baca juga: Mengenal Analisis Fundamental dan Teknikal pada Investasi Saham

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.