Kompas.com - 04/10/2021, 12:30 WIB
Ilustrasi menabung SHUTTERSTOCK/LOVEYDAY12Ilustrasi menabung
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 memang belum berlalu. Namun pengaturan keuangan pasca-pandemi harus disiapkan.

CEO Finansialku.com Melvin Mumpuni membeberkan tips mengenai persiapan keuangan apa saja yang diperlukan pasca-pandemi Covid-19.

"Yang harus dilakukan pertama kali adalah melakukan financial check-up. Dengan melakukan pencatatan pengeluaran dan pemasukan misalnya, seseorang dapat memahami kondisi keuangannya sehat atau tidak, kemudian bisa mengetahui langkah perencanaan keuangan seperti apa yang harus dibuat," kata Melvin dalam siaran resminya dikutip Kompas.com, Senin (4/10/2021).

Menurut Melvin, persiapan keuangan harus dilengkapi dengan fokus membuat kondisi keuangan sehat terlebih dahulu. Pengaturan cash flow yang seimbang dan memahami kebutuhan dapat membantu untuk mencapai tujuan keuangan yang diinginkan.

Baca juga: Begini Cara Membeli ORI020

Selain itu, lanjut Melvin, dana darurat dan asuransi adalah 2 hal penting selanjutnya dan harus dipersiapkan.

"Mengapa? karena kita harus siap menghadapi berbagai risiko kehidupan yang salah satu contohnya adalah masa pandemi seperti sekarang ini," jelas Melvin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Setelah menganalisa keuangan ini, maka kita harus fokus dalam mencapai tujuan sesuai rencana," sambungnya.

Melvin juga menyampaikan, dalam melakukan adaptasi kebiasaan baru setelah terjadinya pandemi, sebaiknya seseorang tidak hanya mengandalkan satu sumber pemasukan saja, tapi juga mencari peluang lain untuk mendapatkan penghasilan baru.

Selain itu, siapkan dana darurat. Dana darurat yang dibutuhkan masing-masing orang berbeda tergantung pada statusnya.

Misalnya kata dia, jika belum menikah, besaran dana darurat yaitu 3 kali pengeluaran. Lain hal kalau sudah menikah, yang membutuhkan 6 kali pengeluaran. Semetara jika sudah menikah dan memiliki anak, membutuhkan dana darurat 12 kali pengeluaran.

"Setelah itu, barulah utang konsumtif sebaiknya dilunasi," ucap Melvin.

Baca juga: ORI020 Sudah Bisa Dibeli, Ini Tingkat Kuponnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.