Kompas.com - 04/10/2021, 13:36 WIB
Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) jalin kerja sama dengan PT Rumah Mebel Nusantara (IKEA Indonesia). DOK. KEMENKOP UKMKementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) jalin kerja sama dengan PT Rumah Mebel Nusantara (IKEA Indonesia).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) menggandeng PT IKEA Indonesia untuk bekerjasama dalam mendukung promosi dan pemasaran produk UKM sektor kerajinan, fashion, dan personal care melalui program Teras Indonesia.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, kerjasama ini merupakan momentum untuk mendorong produk UKM naik kelas.

“Ini sekaligus mengangkat narasi produk UKM Indonesia dengan kualitas yang tidak kalah saing dengan brand besar,” kata Teten usai penandatanganan MoU, dikutip Kompas.com melalui siaran resminya, Senin (4/10/2021).

Baca juga: Sebagian Eks Gerai Giant Berganti Jadi Toko Mebel IKEA

Saat ini, IKEA telah mengakomodasi berbagai produk dari 6 UKM untuk dipromosikan di IKEA Jakarta Garden City dalam periode bulanan.

Namun, seiring dengan menurunnya kasus Covid-19 dan pelonggaran pembatasan kegiatan masyarakat, IKEA Indonesia diharapkan dapat membuka kesempatan yang lebih besar untuk UKM dari sektor lain yang memiliki nilai tambah seperti kerajinan dan home decor.

“Kemarin, saya berkesempatan untuk mengunjungi sentra UKM furnitur di Jawa Tengah. Dalam kunjungan tersebut, saya melihat bahwa produk UKM lokal memiliki kualitas yang baik. Produk-produk seperti kursi, meja, kabinet, pintu yang memanfaatkan bahan baku dari Jawa Tengah diekspor ke berbagai negara,” kata Teten.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Melalui kolaborasi dengan IKEA, Teten berharap ke depannya IKEA Indonesia dapat menyerap lebih banyak produk UKM binaan lainnya.

Baca juga: Kata Manajemen IKEA Soal Gugatan Ganti Rugi Senilai Rp 543 Miliar

Pendampingan, pelatihan, kurasi dan research and development dapat dilakukan bersama-sama untuk menghasilkan produk sesuai minat pasar.

“Saya ingin mengajak perusahaan besar lain untuk terus bersinergi bersama pemerintah dalam upaya mendorong UKM masuk dalam rantai pasok nasional dan internasional sehingga UKM Bangkit, Indonesia Tangguh,” kata Teten.

Sementara itu, President Director PT Rumah Mebel Nusantara (IKEA Indonesia), Patrik Lindvall, mengatakan pihaknya bekerjasama dengan pemerintah untuk melakukan berbagai inisiatif, mulai dari menggelar sentra vaksinasi, mengumpulkan donasi, hingga menyediakan Teras Indonesia bagi UMKM untuk menjual produknya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.