Cakupan Vaksinasi Tak Capai Target, Jumlah Daerah PPKM Level 3 Bertambah

Kompas.com - 04/10/2021, 16:48 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan saat berkunjung ke DPRD Provinsi Bali, Kamis (12/8/2021) KOMPAS.com/Ach. FawaidiMenteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan saat berkunjung ke DPRD Provinsi Bali, Kamis (12/8/2021)

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan, situasi pandemi Covid-19 terus menunjukkan perbaikan selama dua minggu belakangan ini.

Kasus konfirmasi nasional turun 98 persen dan kasus konfirmasi Jawa-Bali juga menunjukan penurunan hingga 98,7 persen dari puncaknya pada 15 juli lalu.

Ia menambahkan, dalam penerapan PPKM level selama dua minggu, terdapat 20 kabupaten/kota yang bertahan di level 2, yang didominasi Malang Raya dan Solo Raya.

Baca juga: PPKM Level 4 di 6 Wilayah Luar Jawa-Bali Diperpanjang, Ini Aturan Lengkapnya

Sementara itu, terdapat penambahan wilayah kabupaten/kota yang menjadi level 3 dari sebelumnya di level 2.

Wilayah tersebut belum mencapai target vaksinasi sesuai persyaratan yang diatur oleh pemerintah.

"Untuk yang di level 3, itu bertambah dari 84 kabupaten/kota menjadi 107 kabupaten/kota. Karena kota-kota di level 2 belum mampu meningkatkan capaian jumlah vaksinasi. Jadi capaian vaksinasi yang kita tambahkan dari kriteria minggu lalu, itu belum tercapai sehingga mereka turun level," ujar Luhut dalam konfrensi pers evaluasi PPKM yang ditayangkan di Youtube Sekretariat Presiden, Senin (4/10/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk wilayah aglomerasi seperti Bogor, Tangerang, dan Bekasi masih tetap di level 3.

Lagi-lagi, karena pemberian vaksinasi yang belum mencapai target sehingga pemerintah pekan berikutnya berupaya mempercepat cakupan vaksinasi di sana.

Baca juga: Pemerintah Perpanjang PPKM Level 4 di 6 Daerah Luar Jawa-Bali

Sedangkan, tiga kabupaten/kota nonaglomerasi yang dapat turun ke level 2 yaitu Kota Cirebon, Kota Banjar, dan Madiun.

"Jadi, ada dua juta vaksin yang akan kita suntikkan dalam waktu minggu-minggu ke depan. Khusus juga Magelang, Bandung Raya, Malang Raya, Surabaya belum turun secara WHO namun cakupan vaksinasi belum mencapai target sehingga tetap di level 3," ucap Luhut.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.