Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Jokowi Minta Mentan dan Gubernur Papua Barat Tingkatkan Kapasitas Produksi Pertanian

Kompas.com - 04/10/2021, 17:19 WIB
Inang Sh ,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, Provinsi Papua Barat memiliki potensi besar sebagai daerah produsen utama komoditas pertanian di Indonesia Timur.

Untuk diketahui, Papua Barat memiliki 11.000 hektare (ha) lahan jagung dan 7 juta ha untuk tanaman pangan dan hortikultura.

"Lahan di sini memang cukup luas tapi yang termanfaatkan maksimal hanya 33 persen. Karena itu tadi saya meminta kepada Menteri Pertanian dan Gubernur Papua Barat untuk meningkatkan kapasitas produksi," katanya.

Dia mengatakan itu saat melakukan penanaman jagung bersama petani di Kelurahan Klamasen Distrik Mariat Kabupaten Sorong, Papua Barat, Senin (4/10/2021).

Jokowi juga meminta pihak terkait mengubah sistem tanam dari yang satu kali tanam dalam setahun menjadi dua atau tiga kali dalam setahun. Menurutnya, hal tersebut supaya kebutuhan pangan bisa disiapkan dari tanah Papua sendiri.

Baca juga: Saat Jokowi, Puan, dan Mentan Jajan Jagung Pinggir Jalan di Sorong

"Saya juga mengajak kepada petani-petani milenial untuk diberikan kesempatan sebagai motor penggerak di sektor pertanian ini," imbuhnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Jokowi meyakini, petani milenial yang mendapatkan kepercayaan akan mampu menciptakan ketahanan pangan, utamanya di Papua Barat.

"Saya tadi juga melihat penggunaan teknologi pertanian, kemudian juga akan diberikan akses untuk modal usaha, juga saluran irigasi cacingnya (TAM) akan diperbaiki Kementerian Pertanian dan juga pelatihan-pelatihan yang berkaitan dengan teknologi Pertanian," ujarnya.

Dengan itu semua, Jokowi berharap ada peningkatkan produktivitas, utamanya komoditas yang ditanam, yaitu jagung.

Pasalnya, kebutuhan jagung, baik untuk pangan maupun pakan ternak masih memerlukan tambahan.

Baca juga: Jokowi Janji Bangunkan Rumah untuk Sejumlah Warga Asmat

Untuk diketahui, pada 2020 produksi Kabupaten Sorong mencapai 2.690 ton gabah kering giling setara dengan 1.543 ton beras. Kemudian untuk jagung, pada 2020 diperkirakan mencapai 775 ton.

Pada kesempatan ini, Jokowi didampingi Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan, serta Bupati Sorong Johny Kamuru menanam jagung di lahan seluas 8 ha.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com