Sandiaga Uno: Bandara Ngurah Rai Bali Dibuka untuk Uji Coba Penerbangan Turis Mancanegara

Kompas.com - 04/10/2021, 19:27 WIB
Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali. Humas Bandara I Gusti Ngurah RaiBandara I Gusti Ngurah Rai, Bali.

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, Bandara Ngurah Rai Bali akan dibuka untuk uji coba penerbangan internasional.

Pembukaan dijadwalkan pada 14 Oktober 2021.

Sandiaga mengatakan, sebagai pariwisata yang lekat di mata international, pembukaan pariwisata Bali menjadi salah satu hal yang ditunggu-tunggu.

Baca juga: Turis dari 6 Negara Ini Boleh Kunjungi Bali Mulai 14 Oktober

Namun, uji coba pembukaan Bali ini dinilai perlu dilakukan dengan hati-hati.

“Khusus mengenai Bali, ini sudah diumumkan tanggal 14 Oktober adalah tanggal yang ditetapkan pemerintah untuk membuka Bandara Ngurah Rai dan menerima penerbangan internasional. Ini kita selaraskan dengan uji coba pembukaan bali bagi wisatawan mancanegara,” kata Sandiaga dalam Weekly Press Briefing, Senin (4/10/2021).

Sandiaga mengatakan, walaupun saat ini situasi pandemi Covid-19 sudah terkendali, tentunya hal ini tidak boleh dianggap remeh dan mengabaikan penerapan protokol kesehatan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Walaupun kita sekarang mengalami situasi Covid-19 yang terkendali, dan beberapa capaian kita ini mengungang pujian dan apresiasi dari banyak negara, kita tidak boleh lengah, harus tetap hati-hati dan waspada,” ujar dia.

Baca juga: Cakupan Vaksinasi Tak Capai Target, Jumlah Daerah PPKM Level 3 Bertambah

Sandiaga menambahkan, ada beberapa pertimbangan yang perlu difinalkan sebelum masuk tanggal 14 Oktober yang mencakup, potensi lonjakan kasus Covid-19 yang baru, cara mengidentifikasi Covid-19, dan cara memitigasi varian baru yang bermunculan.

Sebelum pembukaan uj coba, Sandiaga juga memastikan kesiapan fasilitas kesehatan dan juga skema asuransi bagi wisatawan yang datang ke Bali.

Persiapan pembukaan Bali juga dilakukan sebagai upaya jelang berlangsungnya kegiatan presidensi G20 pada November mendatang, yang mana akan banyak dilakukan di Bali.

“Kita lakukan langkah-langkah untuk persiapan G20 ini semakin baik, karena kita mulai November, dan kita akan mengambil alih presidensi dari G20, dan kegiatannya banyak dipusatkan di Bali,” kata Sandiaga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.