Menko Airlangga: Mindset Anak Muda Jangan Hanya Menjadi ASN

Kompas.com - 05/10/2021, 05:07 WIB
Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto saat di Tribun Lapangan Merdeka Ambon, Senin (4/10/2021) KOMPAS.COM/RAHMAT RAHMAN PATTYMenteri Perekonomian Airlangga Hartarto saat di Tribun Lapangan Merdeka Ambon, Senin (4/10/2021)

AMBON, KOMPAS.com - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meminta generasi muda tidak hanya ingin menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Dia berharap anak muda bisa mengembangkan dirinya menjadi pengusaha.

"Mindset anak muda jangan hanya menjadi ASN, tetapi bagaimana mengembangkan diri menjadi seorang wiraswasta," ucap Airlangga seperti dikutip dari Antara, Senin (4/10/2021).

Dia mengatakan, pemerintah telah mendukung anak muda untuk menjadi wirausaha melalui sejumlah program yang telah disiapkan bagi pelaku usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Baca juga: Berapa Gaji PNS Sampai Banyak Orang Rela Nyogok Ratusan Juta Rupiah?

Program bantuan tersebut antara lain Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau bantuan langsung tunai (BLT) bagi para pelaku UMKM, serta program Bantuan Presiden (Banpres) Produktif sebesar Rp 1,2 juta.

Selain itu lanjut dia, pemerintah juga telah meluncurkan bantuan tunai untuk pedagang kaki lima dan atau warung dalam bentuk tunai senilai Rp 1,2 juta yang didistribusikan melalui TNI dan Polri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selama ini, pemerintah telah menggelontorkan kredit buat pelaku usaha yang terpapar pandemi Covid-19 dengan membagikan Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi masyarakat yang belum tersentuh layanan perbankan.

Dana untuk penyaluran KUR tersebut mencapai Rp 285 triliun pada 2021 dengan maksimal pinjaman Rp100 juta, bunga sebesar 3 persen per tahun dan tanpa agunan.

Airlangga memastikan berbagai program tersebut dapat diakses masyarakat dengan mudah, sehingga perekonomian tetap tumbuh, meski saat ini sedang terjadi pandemi Covid-19.

"Program permodalan ini bisa diakses masyarakat untuk mendorong pemulihan ekonomi, apalagi kota Ambon dan Maluku sudah berada di PPKM Mikro Level 2 yang artinya aktivitas ekonomi sudah mulai berjalan normal," katanya.

Baca juga: Sesalkan ASN Terlibat Praktik Jual Beli Jabatan, Menteri Tjahjo: Sistem Pengisian Jabatan Perlu Dibenahi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.