BCA akan Terus Tambah ATM karena Masih Punya Prospek Menjanjikan

Kompas.com - 05/10/2021, 14:33 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - ATM maupun ATM setor tarik tunai atau cash recycling machine (CRM) masih tetap memiliki prospek bisnis yang menjanjikan meskipun layanan digital banking terus berkembang dan bank digital mulai bermunculan.

Buktinya, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) masih tetap akan melakukan penambahan jumlah mesin ATM/CRM ke depan. Hal itu dilakukan sejalan dengan bertambahnya jumlah nasabah perseroan.

"Penambahan terutama akan dilakukan untuk mesin yang bisa melakukan setor dan tarik tunai," kata Hera F Haryn, EVP Sekretariat dan Komunikasi Perusahaan BCA pada Kontan.co.id, Senin (4/10/2021).

Baca juga: Likuiditas Longgar, BCA Bakal Genjot Penyaluran Kredit

Kehadiran ATM setor tarik akan membantu nasabah yang memiliki mobilitas tinggi dan dapat mengurani antrean. Melalui mesin CRM, nasabah dapat langsung melakukan penyetoran uang tunai tanpa mengisi formulir penyetoran, bisa dilakukan di luar jam kerja, bahkan di hari libur.

Hingga Juni 2021, BCA didukung oleh 17.721 mesin layanan. Itu terdiri dari 6.173 mesin ATM, 10.365 CRM dan sisanya mesin Video Banking yang melayani pembukaan rekening baru dan mesin untuk penggantian kartu ATM/Debit (CS Kiosk).

Jumlah tersebut meningkat dari posisi Juni 2020 di mana total mesin layanan BCA mencapai 17.360. Ini terdiri dari 9.006 ATM, 7.339 CRM dan mesin video banking dan CS Kiosk.

Transaksi ATM di BCA juga masih tumbuh baik. Per Juni 2021, jumlah transaksinya meningkat 18 persen secara year on year (YoY) dengan volume transaksi Rp 1.041 triliun atau tumbuh 4,5 persen YoY.

BCA saat ini telah berkolaborasi dengan Gopay untuk keperluan tarik tunai. Sehingga nasabah pengguna GoPay dapat melakukan tarik tunai saldo GoPay bisa melalui ATM BCA.

"Namun, nasabah hanya perlu memastikan GoPay sudah diupgrade menjadi GoPay Plus untuk bisa menikmati layanan ini," jelas Hera.

Baca juga: Syarat dan Cara Mengajukan KPR BCA 2021

Sebelumnya, Jahja Setiaatmadja Presiden Direktur BCA mengatakan, perkembangan bank-bank digital di satu sisi akan memberikan keuntungan bagi bank pemilik jaringan ATM yang luas seperti BCA.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.