Riset LD FEB UI: Konsumen Jadikan GoPay Alat Pembayaran Digital Pertama Kali

Kompas.com - 05/10/2021, 18:34 WIB
Ilustrasi Gopay. Kompas.com/Retia Kartika DewiIlustrasi Gopay.

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga Demografi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia (LD FEB UI) melalui risetnya memotret peran GoTo Financial terhadap Inklusi Keuangan Indonesia tahun 2021.

Peneliti LD FEB UI Afindra Primaldhi mengatakan, berdasarkan hasil risetnya GoPay menjadi platform pembuka akses keuangan digital bagi konsumen dan pelaku UMKM.

"Kami melihat ada sebanyak 46 persen konsumen mengakui baru pertama kali melakukan transaksi non-tunai dengan menggunakan GoPay. Sementara untuk UMKM, 60 persen respondennya menjawab pertama kali menggunakan GoPay dalam bertransaksi non-tunai dan dari sini kami lihat GoPay merupakan gerbang pembuka akses keuangan digital bagi konsumen dan pelaku UMKM," ujar Afindra dalam pemaparan hasil risetnya, Selasa (5/10/2021).

Baca juga: Survei: 62 Persen Responden Pakai GoPay Untuk Investasi Secara Digital

Lanjut dia, ada 27 persen responden menginginkan membuka akun bank lewat GoPay. Hal ini bisa jadi karena tak terlepas dari pengalaman pertama menggunakan alat pembayaran non-tunai yang digunakan.

Afindra juga mengatakan, melalui riset ini menunjukkan bahwa teknologi digital, seperti ekosistem GoTo Financial, mampu menjangkau kelompok yang sebelumnya tidak terjangkau produk keuangan.

Afindra menyebutkan ada sebanyak 62 persen masyarakat yang menggunakan GoPay untuk berinvestasi.

Adapun jenis investasi yang dilakukan melalui GoPay, disebutkan Afindra diantaranya adalah 46 persen untuk berinvestasi reksadana, 39 persen untuk emas digital, dan 25 persen untuk investasi kripto.

Sementara untuk alasan menggunakan GoPay sebagai investasi digital juga bermacam-macam.

Ada sebanyak 79 persen responden yang mengaku karena mudah dan 54 persen karena aman.

"Karena diberikan layanan yang sistemnya aman dan mudah yang mendorong mereka berani mencoba hal-hal baru untuk berinvestasi secara digital," ungkap dia.

Adapun survei ini dilakukan secara online pada minggu kedua bulan Agustus 2021 dengan pendekatan simple random sampling dengan total responden yang mengisi sebanyak 7.355 orang terdiri dari 5.639 konsumen dan 1.716 merchant UMKM GoTo Financial.

95 persen responden tersebar di 21 kota yaitu Manado, Samarinda, Balikpapan, Pekanbaru, hingga Surabaya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.