Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Luhut Bertemu Bos Freeport untuk Minta Sponsor Pusat Pelatihan Atletik

Kompas.com - 05/10/2021, 19:58 WIB
Ade Miranti Karunia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan membuka acara kejuaraan PON Papua XX Cabang Atletik di Timika, Papua sekaligus meresmikan Mimika Sport Center.

Dalam acara tersebut, Luhut bertemu dengan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan CEO Freeport Indonesia Tony Wenas.

Luhut menuturkan, dalam memajukan atletik di Indonesia, pihaknya akan berusaha membuat pusat pelatihan di Timika, di mana nantinya puluhan atlet akan bersekolah di sana.

Baca juga: Nama Luhut Terseret Pandora Papers, Ini Penjelasan Jubir Menko Marves

"Sekitar kurang lebih 25 atau berapa puluh atlet akan sekolah di sini, nanti sponsor oleh Freeport dan kami akan memberikan satu pelatihan untuk atlet-atlet kita seperti nanti akan bicara atlet lari 5.000 meter, 10.000 meter, marathon, dan juga tadi ada jarak 100 meter, 200 meter, dan 400 meter. Kemudian kita urus semua makannya, nanti Freeport dengan kami kerja sama," ujarnya melalui siaran pers, Selasa (5/10/2021).

Selain pelatihan tersebut, nantinya para atlet juga akan mendapatkan bekal ilmu pendidikan umum seperti matematika, fisika, dan Bahasa Inggris, serta wawasan kebangsaan. Luhut menilai, Indonesia lebih condong spesialis dalam atlet lari.

Luhut berjanji mencarikan dana dari sponsor lain agar dapat memajukan prestasi para atlet RI. 

Baca juga: Luhut Minta Kepala Daerah Hadirkan Produk dan Layanan Premium

"Nanti kita akan cari sponsor lain untuk khusus nanti Indonesia Timur, dari mana aja itu, bisa Jawa, Bali, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi nah itu nanti akan berlatih di sana dan juga ada di Jakarta jadi dia bisa bolak-balik dan nanti kalau kita anggap ada yang naik dari sini bukan tidak mungkin kita sekolahkan ke luar untuk mereka maju," kata Luhut yang juga Ketua Umum PB PASI ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com