Kompas.com - 06/10/2021, 05:12 WIB
Jalur utama perlintasan Kereta Api (KA) Makassar-Parepare. Dok. PT Len Industri (Persero).Jalur utama perlintasan Kereta Api (KA) Makassar-Parepare.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus mendorong pengerjaan proyek pembangunan jalur Kereta Api (KA) Makassar-Parepare, di Sulawesi Selatan. Targetnya pembangunan jalur KA tersebut rampung pada Mei 2022.

"Untuk di Sulawesi ini sedang kami kembangkan, dari Makassar ke Parepare direncanakan Mei 2022 selesai terbangun dan bisa segera dioperasikan," ujar Direktur Lalu lintas dan Angkutan Kereta Api Ditjen Perkeretaapian Kemenhub, Danto Restyawan dalam webinar Jelajah KAI, Selasa (5/10/2021).

Terkait waktu pasti pengoperasiannya, Danto belum bisa memastikannya. Kendati demikian, dia mengungkapkan KA Makassar-Parepare akan mencakup kereta penumpang dan kereta barang.

Baca juga: Luhut Pastikan Proyek Tol Cisumdawu dan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Segera Rampung

"Kalau barang itu untuk angkutan semen dari Tonasa (pabrik semen di Kabupaten Pangkep) menuju Pelabuhan Garongkong," ujar Danto.

Menurut Danto, pembangunan jalur kereta api di Sulawesi tidak akan berhenti hanya pada menghubungkan Makassar-Parepare, melainkan akan terus dikembangkan hingga menjangkau Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar.

"Secara perlahan ini akan terus kami kembangkan sampai ke dalam Kota Makassar dan ke Bandara Makassar. Jadi ini perlahan dikembangkan," ungkapnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berdasarkan laman resmi Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP), proyek pembangunan KA Makassar-Parepare memiliki panjang 144 kilometer. KA ini menjadi bagian dari jaringan kereta api Trans Sulawesi yang akan menghubungkan seluruh Pulau Sulawesi.

Baca juga: Waktu Tempuh Sejumlah Kereta Jarak Jauh Kini Lebih Singkat

Proyek yang direncanakan dengan nilai investasi Rp 8,25 triliun ini, dikembangkan oleh PT Celebes Railway Indonesia (CRI), konsorsium yang terdiri dari dari PT PP (Persero) Tbk, PT Bumi Karsa, PT China Communications Construction Engineering Indonesia, dan PT Iroda Mitra.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.