Erick Thohir Pastikan Kesiapan Bandara Ngurah Rai Layani Penerbangan Internasional

Kompas.com - 06/10/2021, 10:17 WIB
Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali. Humas Bandara I Gusti Ngurah RaiBandara I Gusti Ngurah Rai, Bali.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan kesiapan Bali jelang pembukaan pintu masuk bagi internasional. Bandara Internasional Ngurah Rai Bali direncanakan membuka penerbangan internasional pada 14 Oktober 2021 mendatang.

Hal itu dilakukan Erick dengan melakukan pertemuan bersama Gubernur Bali Wayan Koster di Denpasar, Bali pada Selasa (5/10/2021) kemarin.

"Kami akan memaksimalkan perusahaan BUMN yang terkait dengan pembukaan penerbangan internasional ini agar niat baik untuk membangkitkan Bali berjalan maksimal," ujarnya seperti dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (6/10/2021).

Baca juga: Ini Prosedur Kedatangan Turis Asing di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali

Kesiapan perusahaan pelat merah yang dimaksud Erick, diantaranya kesiapan dan kewaspadaan Angkasa Pura sebagai pengelola bandara, dan penambahan akses penerbangan ke Bali melalui Garuda Indonesia atau Citilik. Termasuk pula kesiapan fasilitas penunjang lainnya di Bali.

"Serta kami menyiapkan fasilitas kesehatan di Bali yang melibatkan BUMN holding rumah sakit dan juga farmasi," kata Erick.

Menurutnya, meski pembukaan penerbangan internasional dipenuhi rasa antusiasme dan optimistis tinggi, namun kesiapan dan kewaspadaan tetap menjadi perhatian utama.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Terlebih dalam hal kesiapan infrastruktur, prosedur kesehatan, dan keselamatan.

"Sebab meski pandemi Covid-19 sudah jauh menurun, tapi tidak ada jaminan 100 persen terproteksi," ungkap dia.

Oleh karena itu, lanjutnya, kesiapan dan kewaspadaan Bandara Internasional Ngurah Rai sebagai akses utama para wisatawan harus benar-benar terjaga dan ditingkatkan.

Hal itu agar dalam kondisi yang tidak ada jaminan penuh terproteksi dari Covid-19, para turis dan masyarakat tetap menomorsatukan kedisplinan dengan selalu menggunakan masker dan menjaga kesehatan.

Menurutnya, pariwisata Bali harus kembali bangkit dari pandemi, yang sekaligus sebagai salah satu indikator bahwa Indonesia secara perlahan tapi pasti, sudah mulai bersiap bangkit dari pandemi.

Baca juga: Luhut Ungkap Syarat Penerbangan Internasional di Bandara Ngurah Rai Bali

"Kementerian BUMN terus mendukung kebangkitan pariwisata Bali. Baik dalam waktu dekat, terkait rencana pembukaan rute penerbangan internasional, dan juga di masa mendatang dengan rencana kami membangun KEK Kesehatan di Sanur," ujar Erick.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.