Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AirAsia dan Airbus Teken Restrukturisasi Kontrak Pemesanan Pesawat

Kompas.com - 06/10/2021, 12:01 WIB
Muhammad Choirul Anwar

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - AirAsia Group dan Airbus menyetujui restrukturisasi kontrak pemesanan pesawat dengan penandatanganan amendemen perjanjian terkait konversi sisa pesanan pesawat A320 ke A321neo.

Melalui restrukturisasi ini, AirAsia ingin mentransformasi jenis armada pesawatnya saat ini, yang mayoritas adalah A320 menjadi A321neo yang berkapasitas lebih besar dan lebih hemat bahan bakar.

Presiden Maskapai Penerbangan AirAsia Group Bo Lingam mengatakan, pihaknya selalu berhubungan baik dengan Airbus dan menantikan armadanya dikonversikan sepenuhnya ke A321neo.

Baca juga: Terbang Lagi, AirAsia Tawarkan Harga Spesial Penerbangan Jakarta-Bali

“Dengan amendemen perjanjian ini, AirAsia akan semakin memperkuat model bisnis kami yang berbasis biaya paling rendah dan struktur biaya yang ramping,” ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (6/10/201).

Kontrak tersebut menandai komitmen AirAsia untuk membeli model terbesar dan terlaris dalam kategori A320 family.

Dengan kapasitas tempat duduk hingga 236 penumpang dalam konfigurasi kelas layanan tunggal, A321neo akan memungkinkan maskapai untuk meningkatkan kapasitas seraya mendapatkan keuntungan dari biaya operasi terendah untuk kategori lorong tunggal.

Dilengkapi dengan Space-Flex Cabin Airbus yang memungkinkan konfigurasi ruang kabin yang lebih efisien, A321neo memberikan kenyamanan dan efisiensi yang optimal bagi penumpang.

“A321neo akan meningkatkan pengalaman terbang bagi para tamu kami seiring dengan upaya kami mempercepat bisnis untuk memenuhi peningkatan permintaan perjalanan udara pasca Covid-19,” jelas Bo Lingam.

Ia menambahkan, A321neo adalah yang terdepan pada kategorinya dan akan memungkinkan AirAsia untuk melayani permintaan di seluruh jaringan AirAsia dengan efisiensi operasional yang signifikan, dengan penghematan bahan bakar lebih dari 10 persen.

Baca juga: Kembali Beroperasi, Simak Jadwal Penerbangan AirAsia Indonesia

“A321neo juga mencakup tambahan 50 kursi dan ruang kargo ekstra, dan akan memungkinkan kami untuk lebih mengurangi biaya per Kilometer Kursi yang Tersedia (ASK) di seluruh grup, yang juga akan berdampak pada tarif penerbangan yang lebih rendah untuk para tamu kami,” tandasnya.

Dengan konversi sisa 13 pesawat A320 yang belum terkirim menjadi A321neo, AirAsia kini memiliki total pemesanan sebanyak 362 pesawat A321neo yang akan dialokasikan kepada maskapai-maskapai di dalam Group sesuai permintaan hingga 2035, sebagaimana kesepakatan antara AirAsia dan Airbus.

AirAsia menerima A321neo pertamanya pada November 2019 dan saat ini memiliki total 4 armada A321neo yang beroperasi. Saat ini, Group memiliki armada yang berjumlah total 211 pesawat yang terdiri dari 169 pesawat A320, 38 pesawat A320neo dan 4 pesawat A321neo.

Armada A321neo nantinya akan menggantikan armada A320 yang lebih tua dan akan memberikan manfaat yang berkelanjutan secara signifikan.

Penghematan bahan bakar akan mengurangi sekitar 5.000 ton emisi karbon dioksida (CO2) per pesawat per tahun, selain dari pengurangan emisi nitrogen oksida (NOx) hingga dua digit dan berkurangnya kebisingan mesin.

“Jaringan maskapai dan strategi armada kami telah ditinjau secara menyeluruh untuk memastikan penerbangan di rute yang paling populer dan menguntungkan saat kami bersiap untuk memulai kembali perjalanan di seluruh jaringan kami,” ucapnya.

Baca juga: AirAsia Indonesia Mulai Layani Penerbangan pada 2 Oktober 2021

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com