Perusahaan Ventura Milik Lippo Danai Hampir 40 Startup, Mulai dari OVO hingga Grab

Kompas.com - 06/10/2021, 14:00 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Venturra Capital berencana untuk terus aktif melakukan pendanaan terhadap perusahaan rintisan atau startup.

Perusahaan milik Lippo Group itu tercatat telah berinvestasi pada startup sejak 2015, dengan modal awal sebesar 150 juta dollar AS.

"Investasi di awal-awal itu kecil-kecil, namun kini portofolio kami yang sudah mencapai hampir 40 perusahaan, memiliki valuasi yang berlipat-lipat," kata Direktur Eksekutif Lippo Group, John Riady, dalam keterangannya, Rabu (6/10/2021).

Baca juga: Stafsus Erick Thohir: BUMN Ramai-ramai Investasi di Startup karena Asing Gencar

Sejak berdiri enam tahun lalu, Venturra Capital telah berinvestasi di beberapa perusahaan teknologi seperti Ruang Guru, OVO, Zilingo, Luno, Shopback, Kaodim, Sociolla, Bride Story, Fabelio, TADA, hingga unicorn Grab.

John mengatakan, dalam praktiknya, Venturra Capital tidak hanya fokus melakukan pendanaan terhadap startup dalam negeri saja, tapi juga mancanegara.

Salah satu perusahaan rintisan teknologi yang ikut disokong Lippo adalah Prenetics yang berbasis di Hong Kong.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perusahaan yang berdiri sejak 2007 tersebut bergerak di bidang laboratorium kesehatan dan beroperasi di 10 negara itu kini memiliki nilai perusahaan sebesar 1,25 miliar dollar AS.

Model bisnis yang ditawarkan oleh startup menjadi titik berat pertimbangan Venturra Capital untuk melakukan pendanaan.

Baca juga: Startup Klikdaily Raih Lisensi Penayangan FIFA World Cup 2022 dan Piala Dunia U-20

John mengatakan, pihaknya siap membantu dan mendukung perkembangan perusahaan rintisan dengan model bisnis yang menjanjikan.

"Dan itu berbuah dengan perkembangan terkini berbagai perusahaan rintisan yang menjadi portofolio, mereka memegang peranan penting di tengah pandemi saat ini," kata dia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.