Kementerian Investasi: Target Investasi Makin Besar, Makin Berat...

Kompas.com - 06/10/2021, 19:14 WIB
Kantor Kementerian Investasi atau BKPM di Jakarta. ptsp.bkpm.go.idKantor Kementerian Investasi atau BKPM di Jakarta.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Investasi (Kemenves) mengakui mengajar target realisasi investasi Rp 900 triliun pada 2021 tidak mudah.

Staf Ahli Bidang Peningkatan Daya Saing Penanaman Modal Kementerian Investasi, Heldy Satrya Putera mengatakan, target tersebut lebih tinggi dibanding tahun lalu yang sebesar Rp 817,2 triliun.

"Target investasi tahun 2021 sebesar Rp 858,5 triliun dalam RPJMN. Namun Presiden meminta dapat terealisasi Rp 900 triliun. Artinya target investasi makin besar, makin berat ke depan," kata Heldy dalam Forum Dialog HUT 83 Sinarmas, Rabu (6/10/2021).

Baca juga: Tak Ingin Kendaraan Disita Leasing kaerna Kesulitan Nyicil? Coba Lakukan Hal Ini

Kendati demikian, Heldy meminta pelaku usaha melihat target investasi yang makin tinggi itu menjadi peluang. Sebab Kementerian Investasi akan memfasilitasi pengusaha sejak awal.

"Kami harap para pelaku usaha dapat melihat sebagai peluang bahwa Indonesia akan terus mendorong upaya bagaimana investasi bisa tumbuh tinggi di Indonesia. Dari perizinan, financial close, sampai konstruksi akan difasilitasi oleh Kemenves," beber dia.

Adapun pada 2021, Kementerian Investasi akan mendorong investasi sektor prioritas yang memiliki nilai tambah, seperti industri berorientasi ekspor, energi terbarukan, infrastruktur, dan pertambangan bernilai tambah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara sepanjang tahun 2021 dari Januari hingga Juni, realisasi investasi mencapai Rp 442,7 triliun atau 49,2 persen dari target yang ditetapkan. Realisasi investasi itu membuka lapangan kerja untuk 623.715 orang.

"Kami akan menyelesaikan masalah (yang terkait dengan investasi) baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Ini akan terus kami lanjutkan ke depan," pungkas Heldy.

Baca juga: Menaker: Hubungan Industrial Harmonis Dapat Ciptakan Lapangan Kerja Baru

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.