Kompas.com - 07/10/2021, 10:22 WIB
Ilustrasi digitalisasi bagi UMKM. DOK. SHUTTERSTOCKIlustrasi digitalisasi bagi UMKM.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Promo belanja 11.11 dan 12.12 menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh konsumen untuk berbelanja lantaran banyak promo di e-commerce.

SVP Sellers Operation Lazada Indonesia Haikal Bekti Anggoro mengatakan, belanja 11.11 dan 12.12 ini tak hanya ditunggu oleh konsumen saja, tetapi juga oleh banyak seller Lazada.

"Festival belanja akhir tahun yang dibuka dengan 11.11 dan diakhiri 12.12 selalu menjadi momen yang ditunggu baik oleh penjual maupun konsumen. Tentu konsumen akan mendapatkan banyak barang incarannya, sementara penjual akan mendapatkan banyak pembeli karena kami buat banyak program promo serta fitur," ujarnya dalam jumpa pers virtual Lazada, Rabu (6/10/2021).

Baca juga: Kemenhub Cek Kesiapan Bandara Ngurah Rai Jelang Pembukaan Penerbangan Internasional

Haikal pun memberikan beberapa tips bagi para seller berjualan saat promo 11.11 dan 12.12. Tips pertama yang harus diperhatikan seller ketika ingin meningkatkan penjualannya lewat belanja online nasional ini adalah ikut membuat promo gratis ongkir.

Ia mengatakan tombol gratis ongkir merupakan salah satu tombol yang paling banyak diklik oleh pengguna di Lazada.

"Ikut saja buat promo ongkir, ini pasti banyak dilirik konsumen kita," kata Haikal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tips kedua adalah penjual harus mempersiapkan produk unggulan untuk menarik perhatian pembeli ke tokonya.

Tak lupa Haikal juga mengingatkan penjual agar tidak melupakan jenis produk lainnya seperti core item dan barang komplementer lain agar menarik konsumen.

Baca juga: Menperin Yakin Sektor Industri Tumbuh 5,5 Persen Tahun Depan

"Jadi jual juga barang pelengkapnya. Misalnya, Anda jual sepatu, jual kaos kaki juga. Anda jualan kerudung, mungkin jual ciputnya juga, jadi saling melengkapi," kata Haikal.

Selain itu, hal tidak kalah penting lainnya adalah penjual harus menyisihkan waktu untuk hal-hal dasar seperti menganalisa produk baru yang akan dijual, memperbaiki produk lama, hingga menjaga rating toko.

"Menjaga rating toko juga penting. Hal ini bisa dilakukan dengan mengirim barang dengan tepat waktu dan rajin membalas chat," ungkap Haikal.

Baca juga: Rincian Harga Emas Antam Hari Ini Mulai dari 0,5 Gram hingga 1 Kg

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.