Cerita BGS soal Momen Terendahnya: Sedih, Ada Kekuasaan tetapi Tak Bisa Bermanfaat buat Sesama...

Kompas.com - 07/10/2021, 13:09 WIB
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin Kompas.com / Nicholas Ryan AdityaMenteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menceritakan momen yang menjadi titik terendahnya selama telah menjabat sekitar 10 bulan.

Pria yang akrab disapa BGS itu mengungkapkan, selama menjabat sebagai Menteri Kesehatan, momen terburuk yang pernah dialami terjadi pada saat adanya lonjakan kasus Covid-19 akibat Varian Delta, tepatnya pada Juli lalu.

Di tengah lonjakan kasus Covid-19, Budi mengaku menerima banyak permintaan secara langsung untuk mendapatkan akses perawatan di rumah sakit.

Baca juga: Budi Gunadi Sadikin: Hidup sebagai CEO Jauh Lebih Baik Dibanding Jadi Menkes...

"Low point di bulan Juli, harus tidur jam 1, jam 2, bukan gara-gara apa, tapi gara-gara terima WhatsApp demikian banyak minta bantuan ke rumah sakit, dan it's very depressing moment," ujarnya dalam gelaran Indonesia Knowledge Forum (IKF) X-2021, Kamis (7/10/2021).

Dengan akses yang dimiliki, Budi berusaha untuk menjawab berbagai permintaan yang diterima. Semua pesan Ia coba balas pada malam hari hingga pagi hari.

Namun pada suatu pagi, setelah membalas permintaan-permintaan akses dari banyak orang, Ia menerima sebuah balasan yang membuatnya sedih.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Bangun pagi sudah ada 10 (orang) yang minta (akses rumah sakit). Kita jawab, 'Pak, Bu, ini kasih ke (rumah sakit) ini, kita bagi. Mungkin 2 atau 3 jam, (ada jawaban)'. Waduh terima kasih Pak Menkes, tapi mohon maaf sudah meninggal sebelum dapat akses'," tutur Budi lirih.

"Jadi sedih juga kadang-kadang, dengan kekuasaan yang ada (tetapi) enggak bisa bermanfaat buat sesama manusia. Aku rasa itu yang paling low," tambahnya.

Lonjakan kasus Covid-19 yang terjadi pada pertengahan tahun ini diakui Budi tidak sesuai dengan perkiraan yang telah dibuat.

Baca juga: Profil Budi Gunadi Sadikin, Jebolan Fisika Nuklir, Bankir, Lalu Menkes

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.