Kementerian Investasi Beri Kemudahan bagi Investor yang Garap Industri Halal

Kompas.com - 07/10/2021, 15:06 WIB
Ilustrasi halal Getty Images/iStockphotoIlustrasi halal

JAKARTA, KOMPAS.com - Trend industri halal di Indonesia meningkat seiring dengan besarnya pasar yang ada.

Staf Ahli Bidang Peningkatan Daya Saing Penanaman Modal Kementerian Investasi Heldy Satrya Putera menuturkan, pihaknya telah memberikan kemudahan bagi para investor yang ingin masuk industri halal.

"Pendaftaran atau perizinannya sekarang lebih mudah dan dipercepat. Mereka cukup melakukan registrasi dengan NIB dan langsung mendapatkan sertifikat halal," ujarnya dalam diskusi webinar FMB9 yang disiarkan Kemkominfo secara virtual, Kamis (9/10/2021).

Baca juga: Menperin: Potensi Belanja Produk Halal Capai 3,2 Triliun Dollar AS pada 2024

Selain itu, kata dia, dalam proses registrasi pendaftaran izin berusaha, Kementerian Investasi tidak mengenakan biaya registrasi sama sekali alias gratis.

Heldy mengatakan, pihaknya tengah melakukan penyelesaian masalah-masalah yang muncul di para investor yang menghambat proses investasi.

Bahkan, Kementerian Investasi sudah membentuk Satuan Tugas (Satgas) untuk percepatan investasi yang di dalamnya bukan hanya Kementerian Investasi saja, namun Kejaksaan Agung dan Kepolisian RI juga ikut bergabung dalam Satgas tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Kembangkan Wisata Halal di Aceh, Pemerintah Gaet Investor UEA

"Ini dilakukan untuk mempercepat realisasi investasi, dan kalau ada yang menghambat proses investasi di Tanah Air bisa dipercepat. Harapannya para investor tidak takut lagi berinvestasi di Tanah Air," ungkap dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.