World Superbike di Mandalika Diharapkan Bisa Dongkrak Kunjungan Wisatawan

Kompas.com - 07/10/2021, 16:30 WIB
Penampakan sirkuit internasional Mandalika. www.indonesia.travelPenampakan sirkuit internasional Mandalika.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah berharap perhelatan World Superbike yang akan berlangsung di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat pada pertengahan bulan November tahun ini bisa menjadi momentum positif bagi Indonesia.

Wakil Menteri BUMN I Pahala Mansury mengatakan, seiring dengan itu, pemerintah memutuskan untuk membuka perjalanan internasional ke Indonesia pada 14 Oktober 2021.

Pintu masuk yang dibuka ada tiga, yaitu Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Bandara Ngurah Rai Bali, dan Bandara Sam Ratulangi, Manado.

"Apalagi baru-baru ini kita sudah mendengar adanya rencana untuk mulai membuka pintu Indonesia bagi para pengunjung dari luar Indonesia yang akan diselenggarakan kurang lebih 2 minggu mendatang," ujarnya secara virtual dalam agenda Penandatangan Perjanjian Kerja Sama Sponsorship (PKS) Mandalika International Street Circuit Naming Right antara PT Pertamina (Persero) dengan PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/ITDC, serta Peluncuran Nama Sirkuit, Kamis (7/10/2021).

Baca juga: Bangun KEK Mandalika, ITDC Dapat Guyuran Rp 550 Miliar Lebih dari BUMN Perbankan

Ia kembali berharap dengan adanya event World Superbike dan Moto GP, bisa menarik banyak pengunjung, baik dari negara luar maupun wisatawan domestik.

Alasannya, setiap adanya pelaksanaan Moto GP, kata Pahala, penontonnya mencapai ratusan juta. Dengan jumlah pengunjung yang banyak, dapat menjadi kesempatan untuk memperkenalkan lokasi pariwisata di Indoesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jadi akan menyedot masyarakat. Tadi saya sudah sampaikan, Moto GP setiap penyelenggaraannya itu ditonton oleh lebih dari 400 juta masyarakat di dunia. Jadi kita berharap ini juga bisa mendorong masyarakat dunia untuk bisa mengetahui bahwa banyak sekali lokasi-lokasi pariwisata di Indonesia," ucapnya.

Ia mengingatkan, kehadiran Sirkuit Mandalika tidak hanya berakhir pada event World Superbike maupun Moto GP. Ia minta sirkuit tersebut bisa dimanfaatkan dengan perhelatan kegiatan lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.