Kemenkop UMKM Gandeng MotionBanking untuk Permudah UMKM Akses Perbankan

Kompas.com - 07/10/2021, 19:28 WIB
Teten usai melakukan penandatangan kerjasama dengan MNC, Rabu (6/10/2021). DOKUMENTASI HUMAS KEMENKOP UKMTeten usai melakukan penandatangan kerjasama dengan MNC, Rabu (6/10/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) menjalin kerja sama dengan PT MNC Investama Tbk dalam rangka mempercepat digitalisasi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo mengatakan, berbagai inisiasi kerja sama akan dilakukan antara unit bisnis milik MNC Group dengan Kemenkop UKM, dalam rangka mendorong pertumbuhan bisnis UMKM melalui transformasi digital.

"Merupakan kehormatan bagi MNC Group ikut andil menjangkau 65 juta UMKM untuk bertransformasi digital dengan memanfaatkan kekuatan dan fitur teknologi kami di bidang media, jasa keuangan, dan e-commerce," kata dia, dalam keterangannya, Kamis (7/10/2021).

Baca juga: Menko Airlangga Sebut 84 Persen UMKM Sudah Bangkit dari Pandemi Covid-19

Salah satu bentuk konkrit dari kerja sama ini ialah, kolaborasi antara aplikasi perbankan digital MNC Group, MotionBanking dengan SMESCO Indonesia, untuk mengembangkan ekosistem financial technology (fintech), dalam rangka memfasilitasi layanan digital UMKM.

Layanan perbankan digital dari MotionBanking ini akan menghubungkan para pelaku UMKM dengan berbagai kemudahan akses perbankan, termasuk pembiayaan, tabungan, deposito, kartu debit dan kartu kredit virtual.

Selain itu, pelaku UMKM juga dapat menjadi agent network MotionBanking untuk turut berperan dalam user acquisition serta menjadi agen penjualan berbagai layanan keuangan digital yang disediakan MotionPay, yang sering disebut sebagai Payment Point Online Bank (PPOB) dan juga menggunakan QRIS sebagai salah satu metode pembayaran offline di merchant.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki mengatakan, UMKM menyerap sekitar 97 persen atau 117 juta tenaga kerja nasional, dan berkontribusi sekitar 60 persen terhadap total Pendapatan Domestik Bruto Indonesia.

Baca juga: Ini 4 Kunci UMKM agar Bisa Menembus Pasar Global

Namun, masih banyak para pelaku UMKM yang memiliki keterbatasan terhadap akses perbankan.

Oleh karenanya dia berharap agar kolaborasi dengan bank digital ini dapat meningkatkan jumlah produksi, omzet, skala usaha, dan peningkatan daya saing.

"Ditambah lagi kerjasama lainnya dengan promosi melalui media dan e-commerce, yang merupakan keunggulan MNC Group. Dengan UMKM go digital, akan membuka peluang lebih besar untuk mendongkrak ekspor karya-karya lokal," ucap Teten.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.