Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peserta CPNS 2021, Jangan Tertipu Oknum yang Menawarkan Kelulusan!

Kompas.com - 08/10/2021, 09:05 WIB
Ade Miranti Karunia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Biro SDM dan Umum Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Sri Rejeki Nawangsasih meminta kepada para peserta seleksi Calon Pegawai Sipil Negara (CPNS) 2021agar tidak mempercayai oknum-oknum yang menawarkan kelulusan menjadi aparatus sipil negara (ASN), apalagi dengan meminta sejumlah uang.

"Jangan sampai tertipu kalau ada oknum yang menawarkan kelulusan. Abaikan saja, karena seleksi ini gratis dan tidak berbayar," ucap Sri saat memberikan arahan dalam SKD CPNS Kementerian PANRB di Kantor Regional VI BKN Medan, Sumatera Utara, Kamis (7/10/2021), seperti dikutip dalam keterangan tertulisnya.

Dia menegaskan, seluruh tahapan seleksi CPNS 2021 sudah sangat transparan, akuntabel, dan bebas KKN.

Baca juga: BKN: Banyak Masyarakat Mau Jadi ASN Tanpa Jalur Semestinya

Seluruh tahapan mulai dari pendaftaran, pelaksanaan seleksi dengan Computer Assisted Test (CAT), hingga penentuan kelulusan sudah terintegrasi dan terkomputerisasi.

Pada kesempatan itu dia juga menyatakan bahwa setiap ASN harus siap ditugaskan di seluruh wilayah Indonesia, termasuk ke Ibu Kota Negara Baru di Kalimantan Timur.

Hal itu sebagaimana termaktub di dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN.

"Jadi kami menginginkan komitmen dari adik-adik sekalian, apakah siap ketika suatu saat nanti kita dipindahkan ke sana (Ibu Kota Negara Baru)," sebutnya.

Dia menambahkan, Kementerian PANRB ingin mencari anak muda yang tidak hanya pintar, tetapi juga berintegritas.

SKD CPNS Kementerian PANRB di Medan dihadiri oleh 119 peserta. Namun, berdasarkan berita acara pelaksanaan SKD, hanya 98 peserta yang terdaftar hadir mengikuti tes, sementara 21 orang tidak hadir. Seluruh peserta yang tidak hadir dinyatakan gugur.

Peserta SKD CPNS Kementerian PANRB di Kantor Regional VI BKN Medan berasal dari berbagai daerah di Sumatera Utara, bahkan ada yang berasal dari luar Sumatera Utara.

Baca juga: BKN: Siapa Pun Tidak Bisa Bantu Kelulusan Tes CPNS Selain Usaha Peserta Masing-masing

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com