Apa Itu Cash Flow: Definisi, Jenis, Contoh, dan Cara Membuatnya

Kompas.com - 08/10/2021, 09:46 WIB
Cash flow adalah arus kas dalam Bahasa Indonesia. Apa itu cash flow? DOK. PIXABAYCash flow adalah arus kas dalam Bahasa Indonesia. Apa itu cash flow?

KOMPAS.com - Dalam laporan akuntansi, cash flow adalah istilah yang cukup sering ditemui. Prinsip cash flow adalah upaya mencatat semua pemasukan dan pengeluaran. 

Di Indonesia, arti cash flow adalah disamakan dengan arus kas. Apa itu cash flow?

Pencatatan cash flow adalah salah satu komponen penting dalam bisnis perusahaan, bahkan bagi pengaturan pemasukan dan pengeluaran dalam konteks pribadi. 

Definisi cash flow adalah

Dikutip dari laman Harvard Business School, cash flow adalah saldo bersih uang tunai yang masuk dan keluar pada suatu periode tertentu. 

Baca juga: Apa Itu Budget?

Cash flow adalah bisa positif atau negatif. Arus kas positif menunjukkan bahwa perusahaan memiliki lebih banyak uang yang masuk daripada keluar. 

Sebaliknya, arus kas negatif menunjukkan bahwa perusahaan memiliki lebih banyak uang yang keluar daripada masuk ke dalamnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Uang yang masuk dalam pencatatan cash flow adalah disebut sebagai cash inflow, sementara uang yang keluar dinamakan cash outflow.

Jenis cash flow

Dalam perusahaan, secara umum ada 3 jenis apa itu cash flow yakni:

1. Cash flow operasi

Ini mengacu pada kas bersih yang dihasilkan dari operasi bisnis normal perusahaan. Dalam perusahaan yang tumbuh dan berkembang secara aktif, arus kas positif diperlukan untuk mempertahankan pertumbuhan bisnis.

2. Cash flow investasi

Ini mengacu pada kas bersih yang dihasilkan dari aktivitas terkait investasi perusahaan, seperti investasi dalam sekuritas, pembelian aset fisik seperti peralatan atau properti, atau penjualan aset. Di perusahaan sehat yang aktif berinvestasi dalam bisnis mereka, angka ini sering kali negatif.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.