Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Cash Flow: Definisi, Jenis, Contoh, dan Cara Membuatnya

Kompas.com - 08/10/2021, 09:46 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Dalam laporan akuntansi, cash flow adalah istilah yang cukup sering ditemui. Prinsip cash flow adalah upaya mencatat semua pemasukan dan pengeluaran. 

Di Indonesia, arti cash flow adalah disamakan dengan arus kas. Apa itu cash flow?

Pencatatan cash flow adalah salah satu komponen penting dalam bisnis perusahaan, bahkan bagi pengaturan pemasukan dan pengeluaran dalam konteks pribadi. 

Definisi cash flow adalah

Dikutip dari laman Harvard Business School, cash flow adalah saldo bersih uang tunai yang masuk dan keluar pada suatu periode tertentu. 

Baca juga: Apa Itu Budget?

Cash flow adalah bisa positif atau negatif. Arus kas positif menunjukkan bahwa perusahaan memiliki lebih banyak uang yang masuk daripada keluar. 

Sebaliknya, arus kas negatif menunjukkan bahwa perusahaan memiliki lebih banyak uang yang keluar daripada masuk ke dalamnya.

Uang yang masuk dalam pencatatan cash flow adalah disebut sebagai cash inflow, sementara uang yang keluar dinamakan cash outflow.

Jenis cash flow

Dalam perusahaan, secara umum ada 3 jenis apa itu cash flow yakni:

1. Cash flow operasi

Ini mengacu pada kas bersih yang dihasilkan dari operasi bisnis normal perusahaan. Dalam perusahaan yang tumbuh dan berkembang secara aktif, arus kas positif diperlukan untuk mempertahankan pertumbuhan bisnis.

2. Cash flow investasi

Ini mengacu pada kas bersih yang dihasilkan dari aktivitas terkait investasi perusahaan, seperti investasi dalam sekuritas, pembelian aset fisik seperti peralatan atau properti, atau penjualan aset. Di perusahaan sehat yang aktif berinvestasi dalam bisnis mereka, angka ini sering kali negatif.

3. Cash flow pembiayaan

Ini mengacu secara khusus pada bagaimana kas bergerak antara perusahaan dan investor, pemilik, atau krediturnya. Ini adalah kas bersih yang dihasilkan untuk membiayai perusahaan dan mungkin termasuk pembayaran hutang, ekuitas, dan dividen.

Baca juga: Apa Itu Defisit?

Laporan arus kas atau cash flow

Sebagaimana sudah disebutkan di atas, cash flow adalah elemen pokok dalam pelaporan keuangan perusahaan. Laporan arus kas atau cash flow adalah salah satu dari 5 jenis laporan keuangan selain neraca, laba rugi, perubahan modal, dan catatan atas laporan keuangan. 

Cash flow adalah biasanya dilaporkan dalam laporan dokumen keuangan yang dirancang untuk memberikan analisis terperinci tentang apa yang terjadi pada kas bisnis selama periode waktu tertentu. 

Dokumen tersebut menunjukkan area yang berbeda di mana perusahaan menggunakan atau menerima kas dan merekonsiliasi saldo kas awal dan akhir.

Apa itu cash flow, cash flow adalah pencatatan arus uang yang masuk dan keluarDok. BukuKas Apa itu cash flow, cash flow adalah pencatatan arus uang yang masuk dan keluar

Metode pembuatan cash flow

1. Metode langsung

Metode langsung cash flow adalah metode membuat laporan arus kas dengan mengelompokkan kegiatan operasi ke dalam berbagai kategori.

Seperti menggolongkan aktivitas operasional berdasarkan jenis beban seperti beban utang dan bunga, beban penyusutan, beban sewa, beban gaji, dan sebagainya.

2. Metode tidak langsung

Metode tidak langsung cash flow adalah memusatkan perhatian pada perbedaan antara laba bersih dan arus kas dari aktivitas operasi.

Baca juga: Apa Itu Copywriting: Definisi, Tugas, Jenis, dan Contohnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com