KILAS

Pertumbuhan Ekonomi Digital Indonesia Jadi Kunci Pemberdayaan UMKM

Kompas.com - 08/10/2021, 09:51 WIB
Board Member Sinar Mas Franky O Widjaja dalam webinar bertajuk Sinergi Korporasi dan Pemerintah dalam Pemulihan Ekonomi Nasional, Rabu (6/10/2021).
DOK. Humas Sinar MasBoard Member Sinar Mas Franky O Widjaja dalam webinar bertajuk Sinergi Korporasi dan Pemerintah dalam Pemulihan Ekonomi Nasional, Rabu (6/10/2021).

KOMPAS.com – Board Member  Franky O Widjaja mengatakan, pertumbuhan ekonomi digital Indonesia menjadi salah satu yang tercepat di Asia Tenggara pada masa pandemi Covid-19.

Menurutnya, hal tersebut menjadi kunci sukses dalam pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta membawa mereka masuk dalam rantai pasok global.

Dia juga menyebutkan, pandemi Covid-19 merupakan momentum menguji kualitas sinergi sektor privat dan pemerintah dalam memutar perekonomian Indonesia.

“Berlandaskan prinsip gotong royong, perusahan di bawah naungan Kamar Dagang dan Industri Nasional (Kadin) Indonesia mengembangkan program economic empowerment berbasis digital guna menjangkau UMKM,” katanya.

Franky mengatakan itu dalam webinar bertajuk Sinergi Korporasi dan Pemerintah dalam Pemulihan Ekonomi Nasional, Rabu (6/10/2021).

Baca juga: Bantu Pemerintah Atasi Covid-19, Sinar Mas Land Berhasil Vaksinasi Lebih dari 54.000 Orang

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia menjelaskan, upaya korporasi melalui Kadin tersebut, yakni mempelajari berbagai modul economic empowerment dari negara lain yang terbukti berhasil, mencoba mengadopsinya, menggelar train the trainers, dan melibatkan para ahli dari negara tersebut.

Sekembalinya para pelatih ke daerah asalnya, mereka akan mengembangkan modul pelatihan yang sesuai dengan kekayaan setempat dengan melibatkan korporasi di sana dalam eksekusinya.

Pada kesempatan ini, Franky mengapresiasi keputusan pemerintah yang bergegas melakukan upaya memutus mata rantai penularanCovid-19  dengan memberlakukan pembatasan sosial, menggelar vaksinasi, berikut menyalurkan bantuan sosial bagi masyarakat.

Pada saat bersamaan, pemerintah juga memberikan kesempatan bagi industri utama guna beraktivitas berbasis protokol kesehatan, sekaligus mengeluarkan serangkaian kebijakan ekonomi dan insentif guna menjaga detak perekonomian Indonesia.

Baca juga: Bantu Pasien Covid-19, Sinar Mas Salurkan 1.200 Ton Oksigen Cair di Sumsel dan Jabar

Kepala Badan Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan Kadin Bambang Brodjonegoro yang juga hadir di webinar tersebut menambahkan, sektor swasta bersama pemerintah patut mencoba berperan aktif agar pemulihan ekonomi berlangsung berkualitas,

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.