KILAS

UKM Dampingan Kemendag Berhasil Ekspor Damar Batu dan Lidi Sawit ke India dan Pakistan

Kompas.com - 09/10/2021, 17:54 WIB
Kemendag melepas ekspor damar batu dan lidi sawit dari dua UKM peserta program pendampingan ekspor Kemendag ke pasar Asia Selatan di Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (8/10/2021). DOK. Humas KemendagKemendag melepas ekspor damar batu dan lidi sawit dari dua UKM peserta program pendampingan ekspor Kemendag ke pasar Asia Selatan di Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (8/10/2021).

KOMPAS.com – Kementerian Perdagangan (Kemendag) melepas ekspor damar batu dan lidi sawitdari yang diproduksi CV Miracle Agro Spices dan CV Masagenah Group ke pasar Asia Selatan di Sidoarjo, Jawa Timur (Jatim), Jumat (8/10/2021).

Kedua usaha kecil menengah (UKM) tersebut merupakan peserta program Pendampingan Ekspor Kemendag.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Didi Sumedi mengatakan, jumlah produk yang berhasil diekspor dari peserta program Pendampingan Ekspor Kemendag atau Export Coaching Program (ECP) kian bertambah.

“Pelaku usaha yang menjadi peserta pendampingan mampu merambah beberapa pasar ekspor nontradisional dengan produk yang beraneka ragam,” katanya saat melepas kedua produk  secara daring, seperti dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (9/10/2021).

Didi menjelaskan, komoditas-komoditas hasil produksi dari kedua UMKM tersebut diekspor ke India dan Pakistan. Kedua negara ini merupakan negara tujuan ekspor nontradisional di kawasan Asia Selatan.

Dia pun mengucapkan selamat atas keberhasilan kedua UKM itu menembus pasar ekspor ke India dan Pakistan. Menurutnya, keberhasilan ini merupakan hal yang membanggakan.

Baca juga: Kemendag Lepas Ekspor 6 Ton Salak Pondoh Yogyakarta ke Kamboja

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Semoga selanjutnya kinerja ekspor nonmigas kita dari terutama ke pasar-pasar nontradisional semakin terdorong pesat,” tuturnya.

Didi mengatakan, momentum pemulihan ekonomi yang ditandai peningkatan permintaan ekspor perlu dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Menurutnya, peluang yang ada harus digarap sebaik-baiknya oleh pelaku usaha Indonesia untuk mengekspor produk ke pasar global.

Adapun komoditas damar batu diekspor CV Miracle Agro Spices asal Sidoarjo, Jatim. Komoditas ini berhasil diekspor ke India dengan nilai 56.700 dollar Amerika Serikat (AS) dan volume 20 kontainer berukuran 20 feet.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.